Tanpa Informasi, Kau Hanya Bisa Menjadi Korban


Deutsch: Information on Post-Its

Informasi, seberapa banyakkah yang sudah kau punya?

“Dengan mengetahui tempat dan waktu pertempuran yang akan terjadi, kita bisa berkonsentrasi meski berada dalam jarak yang jauh. Bila kita tidak tahu tempat atau waktunya, ketahuilah bahwa bagian kiri tidak akan mampu membantu yang kanan, dan yang kanan tidak akan bisa membantu yang kiri.”

“Begitu juga dengan bagian belakang. Ia tidak akan bisa membantu pasukan yang berada di depan. Dan pasukan yang berada di depan tidak akan bisa membantu bagian belakangnya.” Begitulah ungkapan Sun Tzu terkait merencanakan dan mengetahui informasi perang.

Sekali lagi, dari dulu apalagi sekarang, informasi menjadi pembeda tentang berhasil atau tidaknya sebuah aksi yang dilakukan manusia. Semakin sedikit informasi yang dimiliki menyebabkan semakin banyak persiapan yang harus dia lakukan untuk mengantisipasi yang tidak dia ketahui.

Dan dengan antisipasi yang ia lakukan, banyak sumber daya yang dikurangi yang sebenarnya bisa digunakan untuk menyerang (beraktivitas produktif). Ditambah lagi dalam aksi di lapangan ketika semua sudah berjalan, sangat berat memindah bagian satu untuk membantu bagian yang lain.

Oleh karena itu informasi itu harus kau dapatkan kawan. Semakin banyak informasi semakin baik. Karena informasi-informasi itu akan membantumu membuat rencana yang sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan. “Sudahkah kau mencari informasi itu?”

Terlebih lagi sekarang ini. Informasi adalah senjata utama. Ketika bom Boston meledak, maka yang dibutuhkan terbesar adalah informasi. Dan ia yang memiliki banyak informasi akan mendapatkan kendali terbesar. Dengan memiliki semua informasi ia bisa mengatakan apapun.

Dan bagi mereka yang tidak memiliki informasi, mereka yang terpaksa menjadi korban. Korban dari pemilik informasi. Karena mereka hanya akan bisa menerima tanpa bisa berargumen. Bagaimana bisa berargumen bila dasar informasinya serba terbatas dan tidak lengkap.

Sudahkah kau menjadi sumber informasi bagi bidangmu? Wallahu a’lam.

6 thoughts on “Tanpa Informasi, Kau Hanya Bisa Menjadi Korban

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s