Dan Mereka Kembali Bertanya kepadamu tentang Khamr….


Minuman keras, atau minuman beralkohol, itu yang lebih kita kenal di Indonesia dari pada khamr. Tapi itu hanya berbeda nama, jenisnya tetap sama, minuman yang memabukkan.

Suatu ketika, Umar berdoa kepada Allah swt. “ Ya Allah, berikanlah kami petunjuk yang jelas tentang khamr.” Maka tidak lama kemudian, Allah menurunkan ayat 219 surat Al Baqarah.

Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.” …..

Umar dipanggil dan diberitakan tentang ayat ini. Tapi setelah ia mendengarkannya ia tetap mengulangi doanya, “Ya Allah, berikanlah kami petunjuk yang jelas tentang khamr.” Maka tidak lama kemudian, Allah menurunkan ayat 43 surat An-Nisa’.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…

Setelah turun ayat ini, Umar dipanggil dan dibacakan ayat ini kepadanya. Tapi ia tetap mengulangi doanya, “Ya Allah, berikanlah kami petunjuk yang jelas tentang khamr.” Dan tidak lama kemudian, turun ayat 90 dan 91 surat Al Maidah.

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).

Dan itulah petunjuk yang jelas dari Allah tentang khamr. Yang memabukkan itu haram, dan termasuk perbuatan syetan. Tapi, apakah peringatan dan petunjuk Allah ini didengarkan oleh manusia? Tidak semua manusia memperhatikannya. Sebagian besar malah menerjang larangannya.

Kenapa Manusia Menerjangnya?

Jawabannya adalah karena nikmatnya. Kecanduan alkohol, bila telah menjakiti seseorang, maka otaknya hanya akan mengeluarkan zat yang menimbulkan rasa senang bila alkohol masuk dalam tubuhnya. Bila tidak, maka ia akan tetap mencarinya.

Bagaimana Awal Seseorang Mau Meminumnya?

Hal ini juga terletak dalam otak pelakunya. Sisi emosional seseoranglah yang menyebabkan ia meminum minuman keras atau beralkohol. Meskipun secara fakta ilmiah sudah ada bukti berbahayanya minuman beralkohol, tapi fakta tidak bisa mengurangi sisi emosional seseorang.

Ia melihat bahwa orang yang “berani” minum minuman beralkohol akan dianggap sebagai orang yang hebat. Apalagi di usia remaja. Masa-masa di mana pengakuan teman adalah segala-galanya. Pastilah apapun yang disarankan oleh temannya akan dilakukannya.

Kenapa Di Usia Remaja?

Karena di usia itulah fase labil manusia. Hormon pertumbuhan yang sedang bergerak menuju puncak membuat mereka semakin agresif. Dan penilaian mereka sangat dipengaruhi oleh teman-teman mereka.

Berhadapan dengan remaja ini tidak seharusnya membuat para orang tua menjadi paranoid, dan serba tidak boleh. Tapi menjadikan diri orang tua  sebagai teman mereka adalah cara terbaik. Tapi ingat, mereka tidak ingin terlihat berteman dengan orang tuanya.

Dan mereka pun kembali bertanya…

Sebuah penelitian di Inggris September 2003 ingin menemukan apa sajakah kerugian ketika seseorang meminum minuman keras. Dan inilah hasilnya.

manfaat dan madharat mirasHasil lengkap penelitiannya costi uk

Dan masihkah lagi ada yang berkilah tentang manfaat dan kerugiannya. Setelah kau tahu apa yang kau lakukan?

Apakah kau akan berhenti?

Ketika Umar diperintahkan untuk berhenti meminum khamr, maka ia dengan jelas mengatakan bahwa ia berhenti meminumnya. Setelah kau mengetahui timpangnya manfaat dan kerugiannya, apakah kau juga akan berhenti?

5 thoughts on “Dan Mereka Kembali Bertanya kepadamu tentang Khamr….

  1. Pingback: Peserta Lomba AntiMiras (lengkap) | Eshape Blogger Jogja

  2. Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08’00-17’00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras – bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

  3. Pingback: Anti Miras | Pengumuman Lomba Blog

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s