Adakah Strategi yang Pasti Berhasil untuk Selamanya?


Diagrama de la táctica más común del fútbol, e...

jangan sampai, taktik ini bila berhasil, kemudian menjadi taktik abadi.

“Jangan gunakan untuk kedua kalinya taktik yang telah memberikanmu satu kemenangan, tapi rubahlah taktikmu sesuai dengan berbagai macam kondisi yang ada dalam peperangan.” Inilah kata-kata yang digunakan oleh Sun Tzu agar para jendral tidak membuat “Strategi yang pasti berhasil.”

Tidak ada yang pakem dalam sebuah peperangan. Semua kondisi yang ada akan berubah. Musuh berubah, komposisi prajurit kita berubah. Maka jangan sampai, ketika berbagai macam kondisi yang berada di dalamnya berubah, ternyata strategi yang digunakan tetap sama.

Begitu juga dengan kehidupan bisnis. Tidak ada yang sama. Ketika membuka cabang kondisinya pasti jauh berbeda dengan apa yang ada di pusat. Pemimpinnya berbeda, anak buahnya berbeda, sikapnya berbeda, kondisi masyarakat berbeda, kompetitornya juga berbeda.

Dan kehancuranlah bagi mereka yang menggunakan strategi yang sama untuk bergerak di daerah, dan waktu yang berbeda. Meski di awal akan memperlihatkan hasil yang sama-sama berhasil. Kesuksesan penggunaan strategi yang sama ini malah berpotensi membuat blunder di jangka panjang.

Mereka yang berhasil dengan strategi yang sama akan cenderung enggan berubah. Karena strategi yang telah berhasil dalam waktu satu, dua atau ketiga kalinya akan dianggap sebagai strategi yang memberikan keberhasilan yang abadi.

Padahal masyarakat berubah, populasi berubah, teknologi informasi berubah, semuanya berubah. Lalu mengapa engkau tetap bertahan dengan strategi yang sama selama tiga atau empat tahun? Apa yang membuatmu berpikir bahwa pelangganmu adalah orang yang sama.

Bersiap-siaplah berubah kawan. Karena kondisi yang ada di sekitarmu juga sedang berubah. Dan karena perubahan itu tidak akan bisa kau bendung. Maka strategi dan dirimulah yang harus berubah untuk bisa tetap unggul dalam perubahan.  Wallahu a’lam.

2 thoughts on “Adakah Strategi yang Pasti Berhasil untuk Selamanya?

    • Masa yang telah lalu juga muncul untuk mengajarkan, bahwa jangan melaksanakan kesaalahan yang sama. Selalu belajar mencari cara yang lebih baik..

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s