Kebaikan Budi Pekerti Seseorang itu Lebih Baik daripada Emasnya


aadabul mar'i khoirun min dzahabihi

aadabul mar’i khoirun min dzahabihi

Banyak orang yang menganggap mahfudzot di atas tidak mungkin laku di zaman sekarang. Sekarang ini banyak orang yang lebih membutuhkan emas daripada kebaikan budi pekerti atau adab seseorang. Dengan emas, kita bisa membuat segala macam bangunan, gedung dan juga pekerjaan.

Tapi anehnya, fakta di lapangan, sekarang ini semakin banyak orang yang membutuhkan manusia-manusia beradab dibandingkan pada masa-masa sebelumnya. Salah satu sebabnya adalah karena sekarang ini kita lebih membutuhkan emas daripada masa sebelumnya.

Di saat harga kebutuhan semakin melangit, sementara kekayaan Indonesia ini masih tinggi, potensi SDM yang melimpah menunggu manusia yang beradab untuk mengolahnya. Di tangan manusia yang memiliki adab, harga kebutuhan yang tinggi bisa diimbangi dengan kesejahteraan yang meningkat.

Di level terendah pun manusia-manusia yang beradab ini sadar bahwa emas mereka ini harus didapatkan dengan cara yang halal dan dibelanjakan untuk kemanfaatan yang besar. Mereka malu memakan hak orang lain, mereka malu berbuat dhalim, mereka malu karena mereka memiliki adab.

Namun bila sebagian besar yang mengatur adalah orang yang tidak beradab, jangan mengharapkan kesejahteraan itu terasa. Mereka yang tidak beradab tidak malu memperbudak orang lain. Mereka yang tidak beradab tak risih saat menikmati harta dari keringat orang lain.

Di level terendah, manusia yang tidak beradab memunculkan saling bunuh dengan tetangga. Mereka juga memunculkan kejadian saat anak ingin memenjarakan ibu kandungnya. Manusia yang tidak beradab menghilangkan kebaikan yang sebenarnya telah ada.

“Budi pekerti seseorang lebih berharga dari pada emasnya” memang terlihat seperti sebuah mimpi. Tapi mereka yang merasa itu adalah sesuatu yang naif dan mimpi sebenarnya adalah yang paling membutuhkan kehadiran budi pekerti atau adab hadir di sekitar mereka. Mereka merindukannya.

Bagaimana denganmu kawan? Tidakkah kau merindukan manusia-manusia yang memiliki kebaikan budi pekerti?

10 thoughts on “Kebaikan Budi Pekerti Seseorang itu Lebih Baik daripada Emasnya

  1. Pingback: Angsa lebih Berharga daripada Telur meski Telurnya Terbuat dari Emas | Inti Hidup

  2. Salam Mas Genthuk,

    Boleh saya tanya, dimana dapat foto orang membantu org yg cedera itu ?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s