Angsa lebih Berharga daripada Telur meski Telurnya Terbuat dari Emas


Screenshot from the Felix the Cat cartoon: The...

yang berharga jelas si Angsa bukan telurnya bukan pula si kucing.

Di tengah perjalanan pulang dari kantor, terngiang di kepalaku mahfudzot “Kebaikan budi pekerti seseorang itu lebih berharga daripada emasnya.” Meski telah aku sampaikan maknanya, tapi ada yang mengusik di kepalaku.

Ketika itu aku menemukan makna lain yakni, “Manusia yang beradab atau berkualitas itu lebih berharga daripada emas yang dihasilkannya.”

Terbayang prinsip prodution capacity dari Stephen Covey dengan cerita tentang petani dan angsa penghasil telur emas. Dan sebagaimana cerita angsa itu, kau dan aku adalah petani yang seringkali mengira telur emas itu lebih berharga. Padahal yang berharga adalah angsanya.

Manusia yang beradab atau berkualitas, pasti menghasilkan produk yang berkualitas. Tapi jangan salah, yang lebih berharga adalah manusianya bukan produknya, pabriknya, perusahaannya, kekayaannya.

Steve Jobs telah membuktikannya. Meskipun ia terbuang dari perusahaannya, ia tidak khawatir, karena dialah yang membangun perusahaan itu.

Ia hanya butuh membangun perusahaan lain. Dan hal itu ia lakukan. Oleh sebab itu, bangsa yang besar adalah bangsa yang membangun manusianya, bukan membanggakan kekayaannya.

Jepang, Singapura, dan Swedia telah membuktikannya. Dibandingkan Indonesia, kekayaan alam mereka bukanlah apa-apa. Namun kekurangan kekayaan alam itulah yang malah menyebabkan mereka besar dengan sumberdaya manusianya.

Bagaimana denganmu kawan? Apakah kau telah membangun kualitas dan adabmu? Karena dengan kualitas dan adabmu, membuatmu bisa terus bangun meski kau berulangkali terjatuh.

4 thoughts on “Angsa lebih Berharga daripada Telur meski Telurnya Terbuat dari Emas

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s