Bakat atau Sistem, Penjelasan Sederhana Fenomena Pergantian Manajer MU dari Sir Alex Ferguson ke David Moyes


David Moyes, Manager of Everton Football Club....

Pengganti Fergie, memiliki Talent yang sama

Aku tidak ingin melihat fenomena ini dari kacamata-kacamata buram apalagi kacamata feng shui dan shio. Aku hanya melihat berdasarkan pengetahuanku tentang talent dan manajemen sejauh yang kuketahui.

Antara Fergie, Moyes, Mourinho, Mancini, dan Benitez

Sebenarnya mungkin ada lebih banyak lagi pelatih yang layak dibandingkan seperti Pep Guardiola, Carlo Ancelotti dan lain-lain. Tapi karena yang sering kulihat adalah EPL, yang tergambar adalah persamaan dan perbedaan di antara keempatnya.

Fergie sendiri menyatakan bahwa dia dan Moyes memang memiliki karakter yang mirip. Hal ini bisa jadi karena memang mereka dibesarkan di lingkungan yang sama.

Tapi yang menonjol berdasarkan talent dari Strengths Finder, keduanya memiliki bakat Developer dan Disciplineyang kuat. Bukan berarti bahwa manajer yang lain tidak punya, mereka punya, tapi dugaanku, Fergie dan Moyes memiliki dua bakat ini di antara lima bakat terkuat mereka.

Bagaimana dengan Mourinho? The Special One ini memiliki bakat maximizer dan command yang tidak tertandingi. Ini terlihat dari hobi belanja pemain hebat dan arogansinya baik di dalam atau di luar tim.

Untuk Mancini, sampai sekarang ini yang terlihat baru kekuatannya di maximizer. Sedangkan Benitez adalah manajer yang sangat kuat di talent analyztical. Hal ini terlihat sepanjang pertandingan. Dia selalu mencatat sesuatu. Dengan data yang banyak, dia bisa menjadi manajer yang hebat dalam meramu strategi.

The Gun or Man Behind The Gun?

Dengan banyak dan kuatnya bakat yang dimiliki seseorang, lalu di manakah peran sistem? Dan manakah yang lebih berperan, manajer yang menjalankan sistem atau sistem itu sendiri?

Menurutku pertanyaan ini sudah ketinggalan jaman. Karena kedua-duanya sangat penting. Namun jelas tetap ada yang membedakan di antara keduanya.

Di dalam sepak bola, manajerlah yang menentukan pembelian pemain, menentukan posisi dan kapan mereka bermain. Artinya, keputusan seorang manajer benar-benar mempengaruhi sebuah tim dalam bertanding.

Sebuah sistem yang dibentuk oleh seorang manajer sepak bola berbeda dengan pimpinan perusahaan. Seorang manajer sepak bola membentuk sebuah sistem dengan kebiasaan dan kebijakannya dalam menentukan segala hal.

Fergie sedikit banyak telah membentuk sebuah sistem. Namun sistem ini tidak sampai pada memunculkan manajer penggantinya dari dalam tim. Dengan bakat, gaya berpikir dan bertindak di MU selama 26 tahun terlalu berisiko untuk memunculkan orang yang sangat berbeda karakternya seperti Mou. Dan pilihannya jatuh pada David Moyes.

Sementara dalam sebuah perusahaan, bila si pendiri ingin agar perusahaannya tidak berhenti saat ia mati, ia harus berpikir keras membentuk sebuah sistem. Sehingga saat ia mati, perusahaannya tetap hidup. Dan disadari atau tidak, salah satu tujuan sistem yang dibentuknya adalah memastikan agar penerusnya memiliki karakter, kemampuan dan keahlian yang sama atau melebihi dirinya.

Aku tidak sepakat bahwa ketika sebuah sistem sudah sempurna, siapapun pemimpinnya sama saja. Karena Nabi dan Rasul saja yang bertugas membawa sistem yang sangat lengkap adalah orang-orang yang pilihan yang sebelum ditetapkan menjadi utusan harus mengalami ujian-ujian. Mereka bukan orang sembarangan.

Jadi inti hidup yang bisa kau pelajari adalah bahwa sistem itu penting. Dan salah satu yang menjadikannya penting adalah sistem itu mampu memunculkan pemimpin-pemimpin yang memang layak memastikan sistem itu berjalan dan mengalami perbaikan-perbaikan. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s