Jadilah Air agar Pelanggan Memilihmu, Kata Sun Tzu


English: Fresh Water Flow

English: Fresh Water Flow (Photo credit: Wikipedia)

Sun Tzu berkata, “Air membentuk jalur alirannya tergantung kondisi daratan yang dilaluinya; tentara juga bisa menghasilkan kemenangan tergantung dengan kondisi musuh yang ia hadapi.”

“Dan karena air tidak memiliki bentuk yang tetap, begitu juga dalam peperangan, tidak ada kondisi yang sama. Dia yang bisa mengubah taktiknya sesuai dengan musuh yang ia hadapi dan memenangkannya, ia adalah pemimpin yang memang berbakat.”

Kawan, sekarang ini sasaran sebuah bisnis baik dia profit atau sosial, bukanlah bagaimana mengalahkan lawan dengan menghancurkannya. Karena kemenangan bisnis bukan dengan hancurnya lawan.

Menangnya sebuah bisnis ialah bila ia mendapatkan pelanggan. Oleh sebab itu sasaran sebuah bisnis adalah para calon pelanggan yang tersebar di jagat raya ini. Dan ini bukanlah sebuah sasaran yang mudah.

Dan sebagaimana tentara musuh yang dihadapi Sun Tzu berubah, calon pelangganmu juga berubah, mereka semakin tua, memiliki anak, cucu, pensiun, dan berbagai kondisi lain yang ada pada calon pelangganmu.

Perubahan kondisi itu bisa jadi membuat mereka membutuhkan sesuatu yang lain dari yang mereka butuhkan setahun, sebulan bahkan satu hari yang lalu. Maka cara yang paling sesuai adalah menjadi air.

Menjadi air berarti mempelajari perubahan yang ada dalam diri para calon pelangganmu. Mereka membutuhkan kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Mereka butuh solusi atas masalah-masalah baru yang mereka temui.

Mereka berubah. Dan bila kau tak berubah, kau tidak bisa lagi menaklukkan mereka untuk memilihmu. Dan bila itu terjadi jangan heran bila dalam waktu singkat ada pihak lain yang merebut kemenanganmu yang dulu kau dapat.

Inti hidupnya ialah, selalulah menyesuaikan diri dengan perubahan. Karena berubah itu pasti. Bagaimana? Siap berubah?

5 thoughts on “Jadilah Air agar Pelanggan Memilihmu, Kata Sun Tzu

  1. wah…
    keren mas. singkat padat jelas. benar tuh.
    hidup selalu berubah. yang tak ingin berubah… kalau kata lagu: “ke laut aje”

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s