Mereka Membangun Angsa


Image representing GE as depicted in CrunchBase

Image via CrunchBase

Ini semua gara-gara aku membaca sebuah buku lama yang kalau tidak salah terbit di tahun 1994. Judulnya Built To Last. Bukunya keren, mengupas tentang perusahaan-perusahaan yang bisa merajai pasaran selama berpuluh tahun.

Dan ciri yang pertama dari perusahaan-perusahaan besar itu adalah mereka mengedepankan membentuk atau membangun angsa daripada mendapatkan emas.

Mereka (pera pendirinya) memiliki cita-cita bahwa yang penting itu bukan produknya. Sony, di awal berdirinya tidak langsung menciptakan transistor radio. Ia bahkan sempat membuat sup kacang polong.

Mereka tidak berfokus pada produk, yang mereka fokuskan adalah membangun pabrik, SDM, sistem dan lain sebagainya. Pendiri Sony fokus pada mendirikan Sony.

Sebaliknya perusahaan yang menjadi pembanding dari kejayaan Sony, yakni Kenwood pada saat berdirinya telah memiliki rancangan-rancangan produk yang spesifik. Mereka merajai teknologi audio di awal berdirinya.

Hasilnya, Kenwood melesat setelah berdiri meninggalkan Sony yang masih harus tertatih-tatih. Ada kalanya Sony meluncurkan produk seperti rice  cooker yang gagal total di pasaran.

Tapi karena fokus Sony adalah membangun Sony, kegagalan produk itu bukanlah sebuah hal yang besar, karena mereka bukan berfokus di produk.

Begitu juga dengan General Electric yang dibandingkan dengan Westinghouse. Saat Westinghouse menciptakan Sistem Listrik AC, General Electric malah mendirikan General Electric Research Lab.

Setelah kedua pendirinya meninggal, Westinghouse semakin merana, tapi General Electric, semakin berjaya. Entah bagaimana menurutmu kawan, tapi menurutku mereka yang sukses dan berhasil selalu membangun angsa, bukan mendapatkan telur.

Karena mereka yang membangun angsa pasti akan mendapatkan telurnya. Tapi mereka yang ingin mendapatkan telurnya, akan suatu saat kehilangan angsanya, dan kemudian akan kehilangan telurnya.

10 thoughts on “Mereka Membangun Angsa

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s