Budi Pekerti Yang Buruk itu Menular


Suu'ul khuluqi yu'diy

Tidak heran banyak orang sekarang gampang marah

Kenapa perilaku yang buruk itu menular? Padahal manusia itu diciptakan untuk menjadi orang yang jujur, lalu kenapa berbohong itu lebih mudah menular dari pada kejujuran?

Adakah cara agar perilaku yang baik bisa menular? Bisakah perilaku yang baik itu berlomba dan menang melawan perilaku yang buruk?

Terlebih dahulu aku mencari asal kata dari akhlaq. Karena dalam bahasa Arab, mahfudzot itu berbunyi, “Suu’ul khuluqi yu’diy”. Khuluq adalah bentuk jamak (plural) dari akhlaq. Dan ternyata makna asal kata akhlaq adalah adat, sebuah perilaku yang biasa dilakukan.

Perilaku atau kebiasaan yang buruk itu menular. Benarkah itu? Mengumpat atau misuh dalam bahasa Surabaya mudah menular. Berbohong saat bercerita itu mudah menular, dan lain sebagainya.

Tapi bila semua perilaku buruk itu menular, apakah perilaku baik itu juga menular? Aku menjawab iya. Tidak percaya? Bukankah orang Indonesia dikenal sebagai orang yang sumeh (murah senyum)? Itu juga menular ke diriku. Itu adalah salah satu akhlaq yang baik bukan?

Maka sebenarnya semua kebiasaan, perilaku, akhlaq itu bisa menular. Tapi kecepatan menularnya tergantung berapa banyak orang yang melakukannya. Semakin banyak orang melakukannya, semakin cepat menularnya.

Manusia memang makhluk yang emosional. Kedekatan emosional dengan teman, keluarga, sahabat sejati, idola, dan orang yang dianggap keren sering membuat manusia melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya. Terkadang tanpa melihat apakah itu baik atau tidak.

Oleh karena itulah Al Qur’an seringkali mengingatkan agar kita tidak terjebak dengan perilaku orang-orang terdekat kita. Islam menginginkan umatnya secara sadar memilih akhlaq yang baik dan memperbanyak pelakunya.

Karena sebenarnya semua akhlaq itu menular, baik atau buruk. Kecepatan menularnya tergantung seberapa sering akhlaq itu dimunculkan?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s