Buatlah Peta (Hidup)-mu


Middle East Map עברית: מפה מדינית של המזרח התי...

sudahkah kau membuat peta hidupmu kawan?

Ini masih tentang habit ke-2 dari 7 habits of highly effective people, begin with the end in the mind. Contohnya sederhana. Bayangkan saja dirimu adalah seorang yang sedang membangun rumah.

Sebelum kau membuat rumah, kau harus sudah memiliki keputusan terlebih dahulu, rumah seperti apa yang kau buat. Apakah rumah untuk sebuah keluarga besar, mengutamakan aktivitas bersama, atau seperti apa.

Karena tujuan yang berbeda akan memberikan gambar rumah yang berbeda. Namun yang sering terjadi adalah kau bekerja mati-matian untuk membangun rumah tanpa tahu seperti apa rumah yang diinginkan.

Sehingga ketika rumah itu jadi, kemudian kau baru tersadar, ternyata apa yang kau buat selama ini bukanlah rumah yang kau inginkan.

Bila masih memiliki waktu dan sumberdaya, mungkin kau bisa membangun satu rumah lagi. Tapi bila tidak, maka kau akan tinggal di rumah yang tidak kau inginkan. Karena di awal kau lupa menetapkan apa yang kau harapkan dari rumahmu.

Begitu juga dengan hidupmu, hidupku dan hidup semua orang yang ada di dunia. Seringkali kita sibuk menjalani hidup, mencari nafkah, membeli atau membangun rumah, menikah, punya anak, tapi tidak sadar untuk menetapkan arah. Ke arah manakah sebenarnya hidupmu?

Akhirnya tanpa sadar kita seringkali hidup dengan paksaan, bukan hidup dengan pilihan yang kau inginkan. Semua keputusan sangat tergantung dengan kondisi lingkungan, bukan dengan tujuan yang jelas.

Barulah di penghujung hidup tersadar, selama bertahun-tahun menjalani hidup dengan susah dan bahagianya, ternyata kita berada di arah yang salah.

Seperti orang yang melakukan perjalanan tanpa peta, ia bergerak, tapi tak tahu apakah ia maju, mundur, ke kiri atau ke kanan, ataukah hanya berputar-putar. Temukan tujuanmu, buatlah petamu, karena bila tidak kau akan hanya menjadi bagian dari peta orang lain. Wallahu a’lam.

5 thoughts on “Buatlah Peta (Hidup)-mu

  1. Pingback: YOU!!! | Jejak Langkah...

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s