Sebelum Membuat Peta Hidupmu, Ketahui Apa Sebenarnya Yang Kau Tuju


Sebelum kau menentukan apa yang ingin kau raih ada baiknya aku kembali menghadirkan apa yang disampaikan oleh Stephen Covey dengan begin with the end in the mind.

Ingatlah terlebih dahulu kawan kisah tentang bagaimana akhir dari hidupmu, akhir dari hidupku. Ingatlah di saat-saat pemakaman itu. Apa kesan yang muncul dari isteri, anak, orang tua dan sahabat serta tetanggamu.

Kesan apa yang muncul dalam bayanganmu? Tuliskan saja itu segera. Jangan kau tunda.

Setelah kau sanggup menuliskan apa yang sebenarnya berarti bagi hidupmu di ujungnya, barulah kau akan memiliki sikap yang terbaik dalam menentukan tujuan hidupmu.

Dalam membuat sebuah peta hidup, aku tidak terlalu mementingkan apakah harus dengan peta, diagram, atau tabel, semuanya kuserahkan kepadamu asalkan terdokumentasikan. Ada yang kau jadikan sebagai pengingat.

Harus kuakui untuk menuliskan bagaimana Bu Marwah Daud menerangkan MHMMD-nya sudah sedikit terlupa, oleh sebab itu aku sedikit mencontek dari Proposal Hidup Pak Jamil Azzaini.

Dan aku sepakat dengan Pak Jamil bahwa sebelum membuat peta hidup kau harus terlebih dahulu paham dengan dirimu sendiri. Siapakah dirimu? Apa kelebihan dan kekuranganmu.

Bila di Proposal Hidup Pak Jamil mencontohkan dengan prestasi beliau di Story Telling, sehingga itu beliau catat sebagai salah satu keunggulan dan kekuatan beliau aku mengambil jalur yang beda tapi dengan tujuan yang sama.

Ya, betul dengan Strengths Finder. Dan aku merasa yakin bahwa strength-ku yang nomor satu adalah analytical. Meskipun aku pernah juara english speech contest, tapi yang membuatku yakin adalah bagaimana aku sendiri membuat materi pidatonya dengan alur yang runtut dan logis.

Bagaimana dengan dirimu? Sudahkah kau tahu keunggulan dan kelemahanmu?

7 thoughts on “Sebelum Membuat Peta Hidupmu, Ketahui Apa Sebenarnya Yang Kau Tuju

Bagaimana menurutmu kawan?

