Bahaya dalam Melakukan Manuver


Extreme motocross

melakukan manuver sangat berbahaya kalau tidak punya disiplin kawan

Sebuah pasukan yang mampu melakukan manuver akan sangat menguntungkan; tapi melakukannya tanpa disiplin yang ketat akan membawa bahaya yang besar.

Bila pasukanmu bermanuver agar tiba lebih dahulu dengan persiapan yang lengkap, bisa jadi kau akan terlambat. Tapi bila kau memberangkatkan pasukan tanpa persiapan juga punya resiko yang besar.

Maka bila kau memerintahkan semua pasukanmu untuk bergerak siang dan malam tanpa berhenti dengan harapan tiba terlebih dahulu. Kemungkinan yang terjadi  ialah pimpinan dari semua pasukanmu akan jatuh ke tangan musuh.

Karena orang yang terkuat akan berada di depan, yang lemah tertinggal, dan dengan rencana ini hanya sepersepuluh jumlah pasukanmu yang bisa mencapai tujuan.

Bila kau mengurangi jarak tempuh separuhnya, maka kau akan kehilangan salah seorang pemimpin pasukanmu, dan hanya separuh jumlah pasukanmu yang sampai di tujuan.

Dan bila kau mengurangi jarak tempuh sepertiganya, maka dua pertiga pasukanmu akan sampai di tujuan.

Itulah salah satu wejangan Sun Tzu tentang melakukan manuver dengan sebuah pasukan atau tentara. Bagaimana dengan bisnis? Kukira juga tidak jauh berbeda.

Perhitungan yang jelas, strategi yang terukur juga harus tetap dijalankan. Karena memang hal ini bukanlah hal yang ringan. Namun ada sebuah temuan bagus dari karakter-karakter perusahaan besar.

Meski mereka tetap memiliki strategi yang hebat, mereka tetap trial. Karena kondisi pasar itu terus berubah. Mereka mencoba dalam skala kecil, begitu berhasil mereka mempebesarnya dengan penyempurnaan. Walhasil, sebagian perusahaan besar menjadi besar karena trial yang kecil ini. Wallahu a’lam.

5 thoughts on “Bahaya dalam Melakukan Manuver

    • Yup, betul. Dari buku Built To Last, perusahaan yang berkeinginan menjadi perusahaan visioner hanya 25% yang tersisa hingga sekarang. Yang hanya ingin tetap besar ada 50%. Yang hanya ingin tetap ada, bisa jadi lebih besar, mungkin 80%.

  1. harus tetap lakukan PDCA deh mas untuk kegiatan apapun. kan katanya… planning itu sudah hampir 80% dari terlaksananya kegiatan yang dimaksudkan.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s