Masih Fase Satu, Harus Bergerak Menuju Fase Dua (Serial Peta Hidup)


Aku telah menemukan sisi terbaik dalam diriku, kini melanjutkan ke fase 2 (sumber gambar: flickr.com)

Aku telah menemukan sisi terbaik dalam diriku, kini melanjutkan ke fase 2 (sumber gambar: flickr.com)

Aku harus mengucapkan rasa terima kasih ku kepada Mbak Larasati. Karena usulannya agar aku menulis tentang peta hidup menyadarkanku. Bahwa selama ini aku masih berhenti di fase pertama.

Ya, kalau berdasarkan Pak Jamil Azzaini bahwa langkah pertama dalam membuat proposal hidup adalah mengetahui keunggulan dan kelemahan diri maka aku selama ini masih berhenti di fase pertama.

Dulu ketika aku membuat peta hidup berdasarkan MHMMD nya Bu Marwah Daud Ibrahim, aku tidak tahu apa sebenarnya apa kehebatanku. What makes me great? Semua ketika itu masih penuh dengan kabut tanda tanya.

Dan semenjak itulah aku mencari banyak metode tentang psikologi dan bakat. Mulai dari enneagram, multiple intelligence, personality test hingga akhirnya aku menemukan strengths finder.

Sekian tahun yang kuhabiskan itu ternyata kini kudapatkan hasilnya. Aku telah menemukan what am I great at? Dan seharusnya kini aku melangkah ke proses yang selanjutnya.

Langkah selanjutnya adalah menentukan BHAG (be Hag) atau kepanjangannya Big Hairy Audacious Goal. BHAG ini kuterjemahkan sebagai tujuan besar yang membuat ngiler. Tujuan yang bukan sekedar tujuan biasa. Tujuan yang besar hingga membuatku ngiler saat membayangkannya.

Dan tujuan ini harus punya waktu. Sebagai contoh, bila tujuanku adalah aku ingin menjadi guru bagi dosen. Maka aku harus menentukan juga tujuan selama lima tahun. Dan di dalamnya ada tujuan tahun pertama, tahun kedua, tahun ketiga, tahun keempat dan tahun kelima.

Bu Marwah Daud Ibrahim lebih detil lagi membaginya. Karena tiap manusia memiliki sisi-sisi yang berbeda tiap hidupnya, maka tiap sisi itu harus memiliki tujuan. Dan kemudian di pecah menjadi semakin kecil, tiap tahun, tiap bulan, bahkan tiap minggu dan hari. Sudah siap membuat? Sudah tahu apa kelebihanmu?

5 thoughts on “Masih Fase Satu, Harus Bergerak Menuju Fase Dua (Serial Peta Hidup)

  1. Mba Laras keren nih…🙂
    Mas, kebanyakan dari kita di fase 1 kok. menganalisa, merencanakan tapi tidak melakukan. itu sering terjadi, termasuk saya kok mas.😀

    jadi BHAGnya mas apa nih?

Bagaimana menurutmu kawan?

