Jangan menghina orang lain, karena tiap sesuatu itu mempunyai kelebihan.


Laa tahtaqir man duunaka  falikulli syai'in maziyyatun (sumber gambar: flickr.com)

Laa tahtaqir man duunaka falikulli syai’in maziyyatun (sumber gambar: flickr.com)

Mahfudzot yang satu ini selalu menjadi salah satu favoritku selain “man jadda wajada” dan “man saaro ‘alad darbi washola”. Yang menjadi alasannya ialah pada kalimat keduanya, “karena tiap sesuatu itu mempunyai kelebihan”.

Sudah menjadi ketentuan bagi manusia untuk memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ini muncul berbeda dari satu orang ke orang lain. Dan aku yakin bahwa itu memang sudah disengaja oleh Pencipta manusia.

Tidak ada satu manusiapun di dunia ini yang hanya memiliki kelebihan. Pun tidak ada satu manusiapun di dunia ini yang hanya memiliki kelemahan. Kalaupun ada aku yakin itu hanya prasangka manusia belaka.

Mahfudzot itu muncul memang untuk mengingatkan kepada kita manusia di jaman ini. Manusia-manusia dulu yang menciptakan mahfudzot sudah sadar bahwa seringkali manusia itu sangat sadar akan kekurangan tapi jarang sadar akan kelebihan. Baik itu yang ada dalam diri sendiri atau orang lain.

Lihatlah berita-berita sekarang ini, baik yang infotainment atau yang bukan infotainment, semuanya lebih pada mengungkapkan kekurangan. Hal ini sebenarnya menunjukkan satu hal yang jelas, aku, kau, kita, semua manusia ini cenderung suka menilai kekurangan baik pada diri sendiri atau orang lain.

Padahal bisa jadi kekurangan yang ada pada orang lain adalah pertanda agar kau bisa menutupi dengan kelebihanmu. Dan kekurangan pada dirimu adalah tanda agar orang lain bisa menutupi dengan kelebihannya.

Yang kedua, mahfudzot ini mengingatkanku agar tidak terlalu berbesar hati dengan prestasi. Bila kini bacaan Qur’anku bagus, bukan berarti yang bacaannya jelek lebih rendah. Karena bisa jadi keikhlasannya membaca melebihi diriku.

Bila kau adalah pengusaha sukses belum tentu yang meminta-minta itu lebih rendah. Karena bisa jadi ia meminta karena terpaksa, dan doanya lebih didengar YangMahaKuasa daripada doamu.

Kau tidak tahu seberapa besar kelebihan orang lain. Bisa jadi kau besar di satu sisi dan lemah di sisi lain. Dan kekuranganmu itu menjadi kelebihan bagi orang lain. Oleh karenanya, janganlah kau menghina orang lain, karena tiap sesuatu itu punya kelebihan. Wallahu a’lam

6 thoughts on “Jangan menghina orang lain, karena tiap sesuatu itu mempunyai kelebihan.

  1. setuju mas. setiap orang ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saling melengkapi adalah alasan kita ada di dunia ini.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s