Bagaimana Cara Mengubah Paradigma?


Glasses

Ada banyak kaca mata, apakah kau tertarik mencobanya?

Senin pekan lalu, 17 Juni 2013, aku mengajukan diri untuk bercerita tentang apa yang sudah kubaca dan kupahami dari buku 7 Habits of Highly Effective People.

Aku menyampaikan tiga buah cerita yang mungkin sudah sama-sama kau baca di blog ini, cerita tentang gambar nenek tua dan gadis muda, cerita di kereta api dan cerita soal kapal perang dan mercusuar.

Ada tiga pertanyaan yang muncul setelah aku menyampaikan ketiga pertanyaan tersebut. Yang pertama adalah “Bagaimana mengubah paradigma?

Maka dari kisah pertama dan kedua aku meyakini bahwa yang bisa merubah paradigma adalah ilmu baru, pengetahuan baru, cara pandang baru. Maka caranya adalah belajar.

Membuka diri terhadap paradigma atau pandangan orang lain yang belum tentu salah, sebagaimana paradigma kita juga belum tentu benar. Dan yang kumaksudkan belajar di sini bukan sekedar mencari pembenaran tapi kebenaran.

Dan inilah yang susah bagi orang-orang yang telah merasa tinggi, memiliki keilmuan yang hebat, dan pengalaman yang menggunung. Orang dengan karakter seperti ini akan sangat susah menerima ilmu-ilmu baru.

Gelas-gelas yang sudah merasa penuh akan sulit untuk diisi kembali. Dan ini juga terjadi pada organisasi besar seperti Microsoft, IBM dan organisasi atau perusahaan besar lain.

Mereka merasa telah menjadi hebat di bidangnya. Tanpa sadar bahwa kebutuhan manusia berubah, masalah manusia juga berubah, dan ini berarti membutuhkan solusi-solusi yang harus berbeda.

Berinovasi, belajar, adalah kebutuhan utama saat ini. Jangan hanya bekerja tanpa tahu arah. Jangan sampai kau berjalan mengikuti peta, yang sebenarnya kau tidak tahu apakah peta itu menunjukkanmu pada yang kau inginkan atau tidak. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s