Siapakah Pemilik Pasukanmu?


The Gift Shoppe Owner

The Gift Shoppe Owner (Photo credit: Rusty Russ)

Sun Tzu berkata, “Kita tidak akan bisa menggunakan keuntungan dari alam kecuali bila kita mendapat petunjuk dari penduduk setempat.”

Ini mungkin menjawab pertanyaan mas Ryan apakah berarti tidak akan ada bisnis-bisnis yang baru? Yang melenceng dari apa yang sudah diketahui sang pengusaha?

Ada dan bisa, seseorang bisa menjajal bisnis yang baru namun tetap saja dia harus mendapatkan petunjuk dari penduduk setempat. Ia tetap membutuhkan panduan dari orang yang telah berpengalaman di dalamnya.

Bila kau ingin menjajal bisnis herbal kau bisa mendapatkannya dengan berguru pada orang yang telah berpengalaman di bidang itu. Kau bisa ngobrol dengan tukang jamu, pebisnis herbal lain, dan pengguna obat herbal.

Bila kau ingin menjajal bisnis konveksi, kau bisa belajar dari pengusaha konveksi, penjahit, desainer fashion dan lain sebagainya. Kau harus mendapatkan arahan.

Namun ini juga seringkali memunculkan ignorance. Orang-orang yang telah mendapatkan partner yang telah mengetahui luar dalam seringkali lengah. Mereka tidak belajar, bahwa ini adalah bisnis mereka, bukan bisnis partner mereka.

Orang-orang yang ignorance ini seringkali merasa kecewa, ketika mengetahui bahwa orang yang telah tahu luar dalam ini telah mengacak-acak bisnis mereka.

Ketika mereka ingin mengambil alih, mereka tidak tahu harus berbuat apa. Karena mereka tidak belajar, mereka tidak tahu apa-apa tentang bisnisnya meski telah berjalan puluhan tahun. Ia tidak tahu produk yang paling bagus. Ia tidak tahu pengeluaran terbesar. Ia tidak tahu karena dia tidak mau tahu.

Dan harga ketidakmautahuannya sangatlah besar. Apalagi bila ternyata partnernya yang selama ini dipercayainya ternyata membuat usaha yang sama, dengan modal darinya.

Kau jendral, kaulah yang menguasai pasukanmu. Sementara penunjuk jalanmu hanya menunjukkan jalan, tetap saja kau yang bertanggung jawab akan keselamatan pasukanmu. Makanya belajarlah. Wallahu a’lam.

One thought on “Siapakah Pemilik Pasukanmu?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s