Bagaimana Bila Paradigma itu Susah Diubah?


Mangrove Conservation by SP Godrej Marine Ecol...

bagaimana bila paradigma itu sudah mengakar?

Apakah tidak lebih baik paradigma itu dibiarkan saja begitu apa adanya? Karena merubah paradigma itu sangat sulit. Ini adalah pertanyaan ketiga yang muncul di hari Senin, 17 Juni 2013.

Yang harus kusampaikan bahwa aku tidak memaksa orang lain untuk merubah paradigmanya. Dia sendiri yang harus merubah, bila dia menginginkannya.

Paradigma itu adalah cara pandang kita yang terakumulasi dari semua ilmu yang pernah kita pelajari, dari semua pengalaman yang pernah kita rasakan, dari semenjak kita kecil hingga sekarang.

Semua itu membentuk diri kita menjadi seperti sekarang ini. Dan untuk merubahnya, butuh kekuatan yang besar pula. Butuh disiplin, dan juga kerja keras. Itulah alasan mengapa terkadang sulit sekali merubah paradigma.

Aku hanya menawarkan dan mengingatkan, bila memang kau menghadapi sebuah masalah, bisa jadi solusinya akan kau temukan bila kau mampu melihatnya dari paradigma yang berbeda.

Aku hanya mengingatkan jangan sampai kau menjalani sebuah peta, yang kau sendiri tidak tahu apakah peta itu benar-benar menunjukkan apa yang sebenarnya kau tuju.

Senantiasalah memeriksa kelayakan petamu? Hanya itulah yang kutawarkan. Bila kau merasa bahwa peta yang kau gunakan sudah tepat, maka jalanilah. Bila kau melihat petamu memiliki kekurangan, sempurnakanlan.

Dan bila petamu ternyata tak menunjukimu ke arah tujuanmu, ubahlah dengan segera! Karena usia manusia di dunia ini hanya sementara, kau tidak tahu kapan kau akan menghadapNya.

Live with no regret. Hidup tanpa penyesalan. Karena kau merasa sudah berbuat yang maksimal dalam kehidupanmu. Sudahkah kau merasakannya? Wallahu a’lam.

4 thoughts on “Bagaimana Bila Paradigma itu Susah Diubah?

    • Betul Mas, wong kadang sudah ada keinginan saja terkadang tidak berhasil karena paradigma itu sudah mengakar, apalagi kalau tidak ada keinginan

  1. bagus mas.. iya saya juga sekarang sering merasakannya gitu, terkadang ada kontradiksi antara paradigma dan realita .. jadi terkadang saya juga sering mengalah kepada realita karena kalau menurut kepada paradigma saya akan berontak dan tidak setuju dengan apa yang sudah terjadi selama ini😀

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s