Kesempurnaan Menurut Sun Tzu


Image representing Google as depicted in Crunc...

Pilihan pertama dalam search engine

Sun Tzu mengatakan, “Jadikan kecepatanmu seperti kecepatan angin, dan kekompakanmu seperti kompaknya hutan yang lebat. Dalam menyerang, ganaslah seperti api, dan ketika diam, jadilah kau seperti gunung. Buat rencana perangmu gelap seperti malam,  dan ketika bergerak, bergeraklah seperti sambaran petir.”

Satu hal yang kutangkap dari ungkapan Sun Tzu di atas. Kesempurnaan. Dalam peperangan, kesempurnaan dalam melakukan pergerakan akan mampu memastikan kemenangan.

Sebaliknya, bila ada ketidakteraturan, maka itu akan menimbulkan kekacauan yang bisa menimbulkan potensi kekalahan. Dan ketika kekalahan itu terjadi, sangat mungkin kau tidak lagi ada untuk memimpin perang-perang berikutnya.

Kesempurnaan itu jugalah yang diharapkan oleh semua konsumen sekarang ini. Mereka, sebagaimana kau dan aku, ingin mendapatkan yang serba terbaik dari pembuat barang. Mereka yang bisa memuaskan kesempurnaan itu akan menjadi yang pertama di hati mereka.

Sangat identik dengan apa yang dilakukan mendiang Steve Jobs dalam membuat produk-produk yang tidak terbayangkan. Tapi sebenarnya itu bukan hanya monopoli Steve Jobs, banyak perusahaan lain yang telah melaksanakannya.

Lihatlah Google, facebook, dan amazon. ketiganya telah menerapkan kesempurnaan dalam produknya. Dan hasilnya mereka mendapatkan pilihan dari para konsumen. Mereka adalah yang terbaik di jenisnya masing-masing. Google untuk search engine, facebook untuk social media dan amazon untuk situs jual beli buku.

Maka bagaimana denganmu? Bagaimana denganku? Aku juga masih terus belajar agar apa yang kau baca dalam tulisan-tulisanku adalah sebuah tulisan yang perfect, sempurna. Tidak hanya memberikan inspirasi, tapi juga enak dan mudah dibaca. Semoga aku dan kau tetap diberi Allah semangat untuk belajar menjadi lebih baik lagi.

3 thoughts on “Kesempurnaan Menurut Sun Tzu

  1. kesempurnaan itu menurut saya sih gak ada mas. tapi perencanaan matang dan lengkap atas segala sesuatu yang dihadapi dan mungkin akan dihadapi dan perencanaan akan sesuatu yang diinginkan, itu sih yang harus dilakukan oleh kita.

    suka sekali artikel2 mas. menurut saya, mas dah secara gak langsung membuat branding atas mas sendiri kok, sama seperti mas Iwan Yulianto juga atau Pak Bukik, gak seperti saya, postingannya muter-muter sekarang. hehehe.

    Tapi menanggapi masalah peperangan, saya ingin bertanya, dulu saya pernah mendengar kalau ingin menang dalam peperangan, kita harus dapat memanfaatkan element of surprise. menurut mas gimana?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s