Kemenanganmu Ada di Tangan Lawanmu


Champions Trophy

Juara itu ditentukan oleh lawannya

Tulisan ini sebenarnya menyambung sebuah diskusi kecil dengan Mas Ryan soal element of surprise dalam sebuah peperangan. Pertanyaan yang muncul ketika itu ialah, “apakah sebuah kemenangan bisa diusahakan dengan memiliki element of surprise?”

Atau dengan kata lain, apakah dengan memiliki element of surprise dalam menghadapi lawan, kemungkinan kita memenangkan pertandingan atau persaingan  menjadi lebih besar?

Sebelum berada pada kesimpulan, ada sebuah ungkapan yang disampaikan oleh Sun Tzu, “kemampuan untuk menghindarkan diri dari kekalahan ada di tangan kita, tapi untuk memastikan kemenangan, yang menentukan adalah musuh kita.”

Percaya atau tidak, kemenangan itu ditentukan oleh musuh kita, bukan oleh kita. Begitu juga dengan element of surprise. Bermaknanya kejutan-kejutan dalam peperangan itu ditentukan oleh musuh kita.

Bila musuh kita tidak merasa terkejut, berarti itu bukan element of surprise. Secanggih apapun kita merencanakan tipuan dan muslihat, bila musuh tidak tertipu, maka kita tidak akan bisa meraih kemenangan.

Dan nyatanya dalam dunia nyata sekarang ini prinsip ini juga masih berlaku. Dengan siapapun kita bersaing, pesaing kitalah yang menentukan kemenangan bukan kekuatan kita. Sebesar apapun kekuatan kita, bila pesaing sanggup menandinginya, kita tidak akan menjadi pemenang.

Sehingga kau bisa mengambil kesimpulan, janganlah kau sombong ketika kau memenangkan sebuah pertandingan. Karena bisa jadi kemenangan itu bukanlah hasil kekuatanmu, tapi kelemahan musuhmu.

Kau juga bisa mengambil kesimpulan, janganlah kau putus asa ketika kau kalah dalam sebuah pertandingan. Karena bisa jadi kekalahanmu itu bukan karena kekuatan musuhmu, tapi itu semua kelemahan dirimu.

Dengannya kau akan tetap terpacu dan sebagaimana kata Steve Jobs, “Stay foolish, stay hungry”. Bagaimana menurutmu kawan?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s