Siapa yang Menggali Lubang, Dialah yang Akan Jatuh ke Dalamnya


Digging holes in the sand

“man hafaro hufrotan waqo’a fiihaa”

Mahfudzot ini memang sering diartikan dengan bahayanya usaha seseorang untuk mencelakakan orang lain. Maknanya bila ia ingin mencelakakan orang lain, maka ia sendiri akhirnya yang akan terperosok dalam celaka yang telah ia buat.

Namun menyambung dengan tulisan tentang kemenangan dan psy war beberapa saat yang lalu, aku sadar bahwa mahfudzot ini juga berhubungan. Kemenangan sejati bukanlah dengan mengerdilkan lawan.

Meski kemenangan memang bisa diraih dengan tipu daya dan muslihat, tapi, kemenangan seperti itu ibarat sebuah lubang. Ketika lawan jatuh ke dalam lubang tersebut, maka kitalah yang tetap berdiri tegak di atas bumi.

Namun hal ini bukan cara yang terbaik. Karena semakin banyak lawan yang kau hadapi, kau membutuhkan semakin banyak lubang. Dan dengan semakin banyak lubang, kau membutuhkan usaha lebih keras untuk tidak terjatuh di dalamnya yang jelas semakin merepotkan.

Bandingkanlah bila kau meninggikan tempat berdirimu. Dengan sendirinya kau berada di atas semua pesaingmu. Tapi kau tidak perlu khawatir terjatuh. Karena memang tidak ada lubang yang kau buat.

Kalaupun kau terjatuh, dan terjatuh dalam lubang, kau bisa segera bangkit. Karena kau ahli meninggikan, segera saja kau bisa menutup lubang itu dan meninggikan tempatmu berdiri. Tidak ada yang perlu kau takutkan.

Sangat berbeda memang. Bila kau menggali lubang, kau tidak perlu bersusah payah di awal. Kau tidak perlu memupuk keunggulanmu. Dan itulah tipuan yang berlaku bagi dirimu. Ketika kau terlalu asyik menggali lubang, kau lupa untuk meninggikan bangunanmu.

Sebaliknya, bila kau meninggikan tempat berdirimu, berat dan susah memang di awalnya. Tapi setelah itu kau akan merasakan bahwa kau tidak perlu risau dengan terjatuh atau terperosok ke dalam lubang. Karena kau ahli meninggikan. Setelah terjatuh pun kau bisa menutup dan meninggikan lubang yang ada.

Bagaimana menurutmu kawan? Apakah kau ahli menggali lubang atau meninggikan?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s