Ada yang Tahu Cara Menasihati dengan Tetap Tersenyum?


smile

smile (Photo credit: Wikipedia)

Aku kini sedang belajar kawan. Untuk lebih menggunakan senyuman dalam tiap aktivitas. Karena aku sadar bahwa selama ini, meski aku tahu bahwa efeknya sangat luar biasa dalam kehidupan, senyumku masih jarang terkembang.

Maka tidak heran bila menurut istriku, wajahku sudah mendahului usiaku. Dan itu kuanggap salah satu efek dari kurangnya senyum. Meskipun harus kuakui juga, bahwa istriku sudah berbuat maksimal untuk mengembalikan usia mudaku.

Tapi yang membuatku semakin yakin akan manfaat senyum ini adalah sebuah tips manajemen. “Bahkan ketika kau memberikan feedback, evaluasi, nasihat dan apapun nama lainnya, selalulah tersenyum”.

Alasannya? Karena ketika umpan balik itu kau sampaikan, apalagi yang negatif, tanpa diiringi senyuman, ditambah lagi dengan nada tinggi alias marah, maka isi evaluasi itu akan tertutupi oleh wajahmu yang dingin dan penuh amarah.

Sebaik apapun isi evaluasi itu, penting, mendesak dan harus segera dilaksanakan, tetap akan mentah bila disampaikan dengan nada marah, dingin diiringi dengan “smirking”. Yang terakhir ini adalah spesialisasiku.

Karena bila nasehat itu adalah keinginan baik kita untuk memperbaiki, maka marah adalah bukti kejengkelan atau ketidakpuasan kita. Dan bila keduanya digabungkan, marah lebih dahulu ditangkap oleh orang lain dari pada keinginan baik kita.

Memang sudah semestinya ketika bekerja, kita menjadi orang yang profesional. Selalu mendahulukan kebenaran. Jangan sampai emosi mempengaruhi keputusan yang kita buat. Itu yang ingin kita raih.

Tapi nyatanya, manusia itu akan selalu diliputi dengan emosi. Maka juga menjadi hal yang lumrah bila kemudian emosi itu datang tak diundang muncul dalam tiap aktivitas keseharian kita. Bagaimana denganmu kawan? Apakah kau sudah bisa memberikan evaluasi dengan senyuman? Sharing dong.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s