Siapa yang Banyak Perbuatan Baiknya, Banyak Saudaranya


Flickr friends

Man Katsuro Ihsaanuhu Katsuro Ikhwaanuhu

Sekilas, mahfudzot di atas terkesan biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Aku juga berpikir seperti itu. Tidak ada yang bisa kuceritakan banyak tentang ungkapan di atas.

Tapi sedikit berbeda ketika aku searching di google dengan keyword “how to make friends”. Ada tiga situs teratas yang kubuka tentang bagaimana menjalin sebuah persahabatan. Berdasarkan tiga situs di atas, bersahabat itu ribet.

Salah satunya bahkan menerangkan 25 langkah untuk menjalin sebuah persahabatan. Wuiih, “Banyak bener.” Pikirku. Bandingkan dengan nasihat di atas, sederhana, mudah dipahami, meski tidak selalu mudah dilakukan. Tapi bila yang mudah dipahami saja belum tentu mudah, yang susah dipahami dan langkah yang panjang pasti lebih susah dilakukan.

Perbanyaklah perbuatan baikmu, baik itu dimulai dengan senyuman, menyapa, mendengarkan keluh kesahnya, dan perbuatan lainnya niscaya banyak saudara yang akan kau temukan.

Bagaimana dengan keharusan untuk memilih teman atau sahabat? Bukankah harus berhati-hati?

Iya memilih teman memang harus berhati-hati. Tapi yang harus disadari urutan kata-kata dalam nasihat di atas. Ia dimulai dengan perbuatan baik barulah kemudian sebagai efeknya banyak saudara.

Bukan sebaliknya, “ingin memperbanyak saudara, perbanyak pula kebaikanmu.” Orang yang berpikiran seperti ini hanya akan berbuat baik saat ia menemukan sahabat atau saudara. Bila tidak, tidak ada kebaikan yang ia lakukan.

Selain itu, orang baik pasti akan dikumpulkan dengan orang baik. Orang jahat dikumpulkan dengan orang jahat. Pernahkah kau jumpai seorang penjahat yang mendengarkan nasihat? Tidak, karena nasihat itu adalah kebaikan.

Perbanyaklah kebaikanmu, maka banyak pula saudaramu. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s