Marketing Nyaman


Semakin bertambah tahun, maka pasti bertambah persaingan bisnis. Dan hal ini memunculkan lebih banyak pilihan bagi pelanggan. Bahkan menurutku terlalu banyak.

Dengan semakin banyaknya pilihan, yang terjadi malah bukan kemudahan tapi kebingungan. Pelanggan sulit menentukan produk mana yang sebaiknya mereka gunakan.

Ditambah lagi dengan proses marketing yang identik dengan iklan dan selling. Yang dirasakan pelanggan adalah banyaknya gangguan dalam melakukan aktivitas mereka. Padahal mereka ingin lebih sedikit gangguan.

Maka yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara memasarkan produk bila calon pelanggannya tidak ingin diganggu? Bagaimana cara memasarkan produk tanpa paksaan?

Caranya simpel tapi belum tentu mudah yakni dengan menjadi pelanggan. Bayangkan dirimu adalah pelanggan produk atau jasa yang kau jual. Kira-kira bagaimana dirimu berpikir? Apa yang kau pikirkan? Apa yang ada dalam benakmu?

Selain itu, hal-hal apa yang mereka butuhkan untuk menjadi solusi masalah yang mereka hadapi? Temukan kebutuhan yang mereka inginkan. Dan bila kau bisa memenuhi kebutuhan itu dengan produk dan jasamu, maka kau akan mendapatkan seorang pelanggan.

Bila kau sebagaimana aku yang bekerja di bidang sosial, pemenuhan kebutuhan mereka akan membuat mereka dekat dan akhirnya bersedia menerima informasi tentang program yang kau jalankan.

Bagaimana menurutmu? Bukankah ini lebih nyaman bagimu dan bagi calon pelangganmu? Wallahu a’lam

marketing nyaman

7 thoughts on “Marketing Nyaman

  1. Setuju sekali dengan pernyataan bahwa banyaknya pilihan malah membuat bingung. Pilih yang kualitas tinggi ternyata harganya nggak terjangkau, pilih yang harga murah malah takut dengan kualitas yang asal2an.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s