Antara Yang Umumnya dan Yang Berhasil


Concert Crowd (Osheaga 2009) - 30000 waiting f...

Concert Crowd (Osheaga 2009) – 30000 waiting for Coldplay (Photo credit: Anirudh Koul)

Pada umumnya, pasukan memiliki semangat yang paling tinggi saat matahari bersinar di pagi hari, ketika hari menjelang siang, semangat itu sedikit demi sedikit mulai kendur. Dan di sore hari, yang diharapkan adalah kembali ke barak untuk beristirahat.

Maka jenderal yang cerdas menghindari menyerang musuh saat mereka berada di puncak semangatnya. Ia akan menyerang pada saat kondisi jiwa musuh sudah ingin bergegas kembali untuk beristirahat.

Itu menurut pendapat Sun Tzu. Tapi sebagaimana nasihatnya yang lain, ia juga menggambarkan sesuatu yang tetap bisa kau gunakan hingga sekarang ini.

Kecerdasan, itulah yang menurut Sun Tzu yang membedakan antara pasukan pada umumnya dengan pasukan yang berhasil menaklukkan musuhnya. Sama-sama pasukan tapi memiliki perbedaan dalam kecerdasannya.

Di saat umumnya semangat pasukan dipengaruhi oleh sesuatu dari luar, pasukan yang berhasil semangatnya berasal dari dalam. Apapun pengaruh yang ada di luar efeknya tidak sebesar apa yang ada dalam diri mereka sendiri.

Dan begitu juga manusia pada umumnya dan manusia yang berhasil. Saat manusia pada umumnya dipengaruhi oleh kondisi-kondisi di sekelilingnya, manusia yang berhasil seakan-akan memiliki semangat yang tidak turun.

Di saat manusia sudah mulai beranjak beristirahat, ia malah menambah aktivitas lain untuk menyibukkan diri membesarkan potensi yang telah dianugerahkan kepadanya.

Dan sepertinya kecerdasan dan kejeniusan itu sebagaimana disampaikan oleh Sun Tzu adalah hasil dari disiplin. Disiplin dalam belajar, disiplin dalam mencoba dan disiplin dalam berusaha.

Aku masih berusaha untuk tidak menjadi sebagaimana manusia pada umumnya demikian juga kuharap dirimu kawan. Agar kau dan aku menjadi orang yang berhasil, kita perlu menjadi manusia yang lebih dari manusia kebanyakan, tentunya dengan kedisiplinan.

Wallahu a’lam.

One thought on “Antara Yang Umumnya dan Yang Berhasil

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s