Siapa yang Banyak Perbuatan Baiknya, Banyak Saudaranya


friends helping friends

“man katsuro ihsaanuhu katsuro ikhwaanuhu” (Photo credit: johncpiercy)

Sebenarnya tidak ada yang bisa dikupas lebih mendalam lagi soal mahfudzot yang satu ini. Semuanya sudah gamblang. Bagi mereka yang ingin mendapatkan banyak saudara, maka wajib baginya menambah kebaikannya.

Tapi dalam kehidupan nyata, akan lebih sesuai maknanya bila maknanya menjadi, “arah perbuatan baikmu menentukan siapa saudaramu.”

Mengapa demikian? Karena seringkali orang melihat, bahwa kebaikan itu tidak memiliki blok. Tidak ada “setan dan malaikat” ketika orang melakukan kebaikan. Semua sasaran kebaikan itu sama. Tapi benarkah itu?

Bagaimana menurutmu bila kau menyumbang untuk acara yang berujung maksiat? Apakah itu berbuat baik? Dan apakah kau akan mendapatkan banyak saudara dengan berbuat baik seperti itu?

Untuk mendapat saudaranya, iya kau mendapat saudara, tapi saudaramu adalah mereka yang senang dengan maksiat. Dan bagi orang yang gemar bermaksiat, sponsor untuk berbuat maksiat adalah sebuah kebaikan.

Maka banyaknya perbuatan baik itu belum cukup. Perbuatan baik itu juga harus diarahkan kepada orang-orang atau aktivitas yang juga baik. Sehingga saudara-saudara yang akan muncul juga adalah saudara-saudara yang baik.

Memang akhirnya mahfudzot itu memang benar adanya, yang banyak perbuatan baiknya untuk orang dan aktivitas kebaikan akan mendapatkan banyak saudara yang juga gemar berbuat baik.

Sementara yang banyak perbuatan baiknya untuk orang dan aktivitas kemaksiatan akan mendapatkan banyak saudara yang gemar bermaksiat. (Na’udzubillah min dzalik)

Dan bukankah Rasulullah saw juga telah mengajarkan bahwa ketika salah seorang muslim mendholimi ia harus segera ditolong. Caranya? Dengan berusaha menghentikan kedholimannya. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s