Seni Menjaga Ambisi dan Perang Uhud


Medieval II: Total War

Medieval II: Total War (Photo credit: jcorrius)

Sun Tzu mengatakan bahwa dalam perang ada yang disebut sebagai seni menjaga ambisi. Salah satu bentuknya adalah dengan disiplin dan tenang menunggu munculnya kekacauan dan keributan pada pasukan musuh.

Terkadang jumlah yang besar memunculkan kesombongan dan membuat seorang jendral tidak mengindahkan kondisi yang tidak terlihat. Padahal ia seharusnya lebih waspada pada pasukan kecil yang tetap tegar dan tenang menghadapi pasukan yang besar.

Sudah menjadi wajar bila pasukan kecil menjadi gentar dan muncul kekacauan ketika berhadapan dengan pasukan musuh yang lebih besar. Tapi bila ternyata pasukan kecil ini tenang maka, berhati-hatilah.

Hindarkan diri dari kekalahan. Pasukan kecil yang tenang pasti memiliki senjata pamungkas sehingga ia tetap tenang saat berhadapan dengan pasukan yang besar.

Hanya mereka yang bisa mengekang ambisi dirinya yang mampu menunggu dengan disiplin dan tenang hingga muncul  kekacauan dan keributan muncul pada pasukan musuh. Dan di saat itulah ia akan menyerang.

Sepertinya demikian pulalah yang dialami pasukan muslim saat perang Uhud. Sebagian besar pasukan pemanah tidak sabar untuk menunggu. Sehingga saat mereka meninggalkan posnya, terjadilah kekacauan dan keributan.

Hal ini dilihat oleh Khalid bin Walid yang kemudian sadar bahwa ini adalah saat-saat yang tepat untuk melancarkan serangan balik. Saat sebagian pasukan pemanah melanggar perintah jendral, dan memunculkan kekacauan di tengah pasukan muslim.

Hasilnya? kau sudah tahu jalan kisah lanjutannya.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s