Sudahkah Kau Mempelajari Kondisi di Sekitarmu?


English: 1990 Chrysler Town & Country minivan

Sayangnya, GM tidak memperhatikan unexpected success Chrysler

Sun Tzu mengajarkan, “Menahan diri dari untuk menyerang musuh yang benderanya berdiri dalam posisi sempurna, menahan diri dari menyerang pasukan yang mundur dalam kondisi tenang dan percaya diri: – ini adalah seni mempelajari kondisi. “

Entah sama atau tidak, tapi Peter Drucker juga mengajarkan tentang mempelajari kondisi. Dia berkata, “Selalulah melihat keluar, perhatikan pelanggan, perhatikan ketika ada keberhasilan atau kegagalan yang tidak disengaja (unexpected success and failure).”

“Unexpected success dan unexpected failure itu mengandung pelajaran yang berharga” kata Drucker.  Unxpected success menunjukkan bahwa ada faktor-faktor yang tidak diketahui sebelumnya atau tidak diperhitungkan sebelumnya. Namun faktor itu berkaitan erat dengan keputusan pelanggan.

Dan begitu juga dengan unexpected failure. Kegagalan ini menunjukkan ada faktor-faktor yang sebelumnya dianggap sebagai pendukung kesuksesan ternyata tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Saat mobil-mobil Jepang pertama kali menghajar produsen mobil Amerika, Chrysler ternyata sukses besar. Produk Chrysler yang tradisional sebenarnya kehilangan pasar lebih besar dari GM dan Ford. Tapi ternyata penjualan jeep dan minivan-nya – secara tidak sengaja – meroket naik.

Bila saja GM saat itu menyadari unexpected success dari Chrysler ini dan memposisikan dirinya lebih pada produk mobil jeep dan minivan, karena secara desain dan teknologi GM lebih baik daripada Chrysler, pasti posisinya lebih terhormat saat ini.

Sears di tahun 1981 membeli Dean Witter dan produk investasinya dan menempatkan kantornya di toko (mall) Sears. Dan hasilnya, sebuah bencana. Masyarakat tidak menganggap produk investasi Dean Witter sebagai sebuah produk yang akan dibutuhkan oleh semua konsumen.

Setelah rugi bertahun-tahun barulah Dean Witter beroperasi terpisah dari toko Sears. Dan ini malah membuat Dean Witter kembali menghasilkan keuntungan.

Seandainya saja Sears sadar lebih awal tentang unxpected failure-nya, ia tidak harus menunggu 10 tahun untuk memisahkan Dean Witter dari operasional tokonya dan tidak merugi selama 10 tahun.

Seni mempelajari kondisi ini ternyata masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Bagaimana dengan dirimu? Sudahkah kau tahu apa unexpected success dan apa unexpected failure di bidangmu?

6 thoughts on “Sudahkah Kau Mempelajari Kondisi di Sekitarmu?

  1. Mantap om, dapat ilmu dari tulisan ini.
    pengalaman pribadi saya selalu memperhatikan setiap keberhasilan atau kegagalan dalam usaha kecil saya, yakni minuman jus buah di tempat kerja dan keduanya memang tidak bisa dipisahkan dari dunia usaha.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s