Sun Tzu Mengingatkan, Kemenangan Diraih Bukan dengan Menaikan Kekurangan, tapi Menyempurnakan Kekuatan


sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Seni mengoptimalkan kekuatan, inilah yang diajarkan Sun Tzu ketika seseorang ingin meraih kemenangan. Dengan cerdas mengoptimalkan kekuatan maka seorang jendral bisa mendekatkan kemenangan pada dirinya, sementara musuh masih jauh untuk meraihnya.

Mereka yang bisa mengoptimalkan kekuatan juga bisa menunggu kedatangan musuh dengan santai sementara musuhnya harus berjibaku. Dan mereka yang mampu mengoptimalkan kekuatan bisa berada dalam kondisi berkecukupan sementara musuhnya kelaparan.

Nyatanya yang menjadi penting adalah mengoptimalkan kekuatan, dan bukan menaikkan kelemahan menjadi tingkat sedang. Atau dalam bahasa mudahnya, kemenangan akan lebih mudah diraih bila kau bisa menjadikan yang bernilai 7 menjadi 9 daripada menaikkan yang bernilai 2 menjadi 5.

Namun kebalikannya yang sering dipraktekkan para manajer, baik sadar atau tidak. Mereka lebih memperhatikan kelemahan anak buahnya daripada mengoptimalkan kekuatannya.

Maka tidak heran bila semakin banyak yang merasa frustasi. Manajer merasa frustasi anak buahnya tidak naik-naik kemampuannya. Sementara anak buah juga frustasi karena dipaksa bekerja pada sesuatu yang bukan kekuatannya.

Dan hal seperti ini juga dulu aku alami. Ketika aku mendapatkan pertanyaan, aku terbaik dalam hal atau aktivitas apa? Maka aku akan bingung menjawabnya.

Ketika diminta bercerita siapa aku, maka jawaban yang sering muncul adalah, aku orang yang biasa-biasa saja, tapi aku tidak bisa begini, tidak bisa begitu. Kelemahan yang kuketahui. Untuk kekuatan, jarang aku bisa menemukan.

Maka kebiasaan ini harus sudah mulai berubah. Sudah saatnya aku  dan kau mencari apa kekuatan kita sebenarnya. Kekuatan yang memang sudah kita miliki sejak awal. Dan kini tinggal langkah selanjutnya untuk menaikkan kekuatan yang ada menjadi semakin sempurna.

Aku yakin menaikkan nilai matematika menjadi 10 dari seorang siswa yang memiliki nilai 8 akan lebih mudah ketimbang menaikkan dari 3 menjadi 5. Maka temukan kekuatanmu, asahlah dia, jadikan dia sarana untuk meraih kesuksesanmu.

 

2 thoughts on “Sun Tzu Mengingatkan, Kemenangan Diraih Bukan dengan Menaikan Kekurangan, tapi Menyempurnakan Kekuatan

Bagaimana menurutmu kawan?

