Jangan Menunda Pekerjaanmu Hingga Esok Hari apa yang Kau Dapat Kerjakan Hari Ini


sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Menunda pekerjaan, ini sebuah penyakit yang juga menyerangku. Baik sekarang atau di masa laluku. Kuliah yang seharusnya selesai dalam empat tahun kuselesaikan dalam waktu tujuh tahun. Bukan sebuah prestasi yang pantas  dibanggakan.

Menunda pekerjaan memang ada hubungannya dengan mental seseorang. Entah kau setuju atau tidak, tapi menurutku ada dua mental yang mempengaruhi seseorang sehingga ia menunda pekerjaannya.

Yang pertama adalah mental seseorang menghadapi masa lalu. Pengalaman, adalah yang menyebabkan orang menunda, terutama pengalaman buruk. Ketika seseorang memiliki pengalaman buruk, maka ia bersungguh-sungguh akan berusaha menghindarinya.

Derajat yang terparah akibat pengalaman buruk adalah rasa putus asa. Seseorang merasa apapun yang ia lakukan, seolah-olah akan mengulang masa lalunya yang kelam. “Buat apa berusah keras, toh, pasti hal buruk itu akan terjadi padaku.” Kurang lebih ungkapan ini yang muncul.

Yang kedua adalah mental seseorang menghadapi masa depan. Seringkali seseorang khawatir dengan sesuatu yang buruk akan datang menghampirinya. Padahal sesuatu itu belum pasti terjadi.

Kekhawatiran ini menghinggap mereka yang selalu ingin meraih sesuatu dengan sempurna. Mereka berusaha sekuat tenaga agar masa depan yang mereka jumpai adalah masa depan yang cerah, ceria dan membahagiakan.

Khawatir dengan masa depan yang terlalu berlebihan juga membuat orang enggan bergerak. Terlalu banyak pertimbangan akhirnya akan membuat dia diam, dan akhirnya memilih tidak bergerak.

Masa depan dan masa lalu memang seringkali membuat orang tidak bisa bergerak. Tapi yang bermasalah bukanlah masa lalu atau masa depannya. Yang bermasalah adalah pikirannya tentang masa lalu dan masa depan.

Khawatir dengan masa lalu adalah sesuatu yang sia-sia. Karena secemas apapun dirimu, masa lalumu toh tidak akan kembali. Begitu juga khawatir dengan masa depan. Ia adalah perbuatan yang tak berguna. Kenapa harus khawatir dengan sesuatu yang belum terjadi?

Masa lalu sudah berlalu, sekeras apapun kau berusaha tidak akan pernah bisa mengubahnya. Yang bisa kau lakukan adalah merubah masa depanmu agar masa lalumu yang kelam tidak terulang kembali. Ambillah keputusan-keputusan tepat saat ini. Karena keputusanmu, aktivitasmu saat ini mempengaruhi masa depanmu. Wallahu a’lam.

2 thoughts on “Jangan Menunda Pekerjaanmu Hingga Esok Hari apa yang Kau Dapat Kerjakan Hari Ini

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s