Lima Pertanyaan yang Mudah dan Murah untuk Mengetahui Bakat atau Kekuatan Seseorang


sumber gambar: amazon.com

sumber gambar: amazon.com

Masih berkaitan dengan strength finder. Karena untuk mengambil tes resmi yang ada di situs aslinya membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka aku pun berkeliling untuk mencari adakah cara yang lebih murah tapi tetap bisa diandalkan untuk mencari tahu bakat seseorang?

Lalu aku mendapatkan sebuah artikel bagus tentang lima pertanyaan yang bisa digunakan untuk mencari tahu bakat seseorang (artikelnya sudah dihapus dari situs tapi sudah kucetak dalam pdf di bawah). Langsung saja lima pertanyaan ini kugunakan untuk mencari tahu bakat-bakat yang ada pada teman-teman sekantor.

Berikut ini lima jenis pertanyaan tersebut.

1. Yearning, be filled with compassion or warm feeling.

Model pertanyaan yang menunjukkan yearning antara lain, “Aktivitas atau pekerjaan apa yang kau tahu bahwa kau bisa melaksanakannya dengan baik, tapi selama ini belum pernah kau lakukan?” Atau model pertanyaan lain,  “Bila kau punya seminggu waktu luang, kau isi dengan apa waktu luangmu itu?”

2. Satisfaction, the state of being satisfied

Pertanyaan yang menunjukkan satisfaction ialah, “Kegiatan apa yang bila telah selesai kau lakukan, kau tidak sabar ingin melakukannya lagi?” Atau, “Apa yang kau lakukan (baik ketika bekerja atau bermain) dan di saat itu kau merasakan kenikmatan dalam melakukannya?”

3. Rapid Learning,

Pertanyaan yang menunjukkan rapid learning adalah, “Aktivitas apa yang bisa kau lakukan dengan baik bahkan tanpa harus dijelaskan terlebih dahulu?” Atau “Aktivitas apa yang kau lakukan dengan alami tanpa masalah, tapi sangat sulit bila kau bagi menjadi tahapan bagi orang lain?”

4. Glimpse of Excellence

Pertanyaan yang mampu menunjukkan hal ini adalah, “Aktivitas atau kegiatan apa yang menurut orang lain kau sangat baik melakukannya?” Atau, “Berdasarkan pengalaman-pengalamanmu sebelumnya, kau dikenal hebat dalam melakukkan apa?”

5. Total Performance Excellence

Pertanyaan yang bisa menggambarkan hal ini adalah, “Apa yang kau lakukan sehingga kau merasa waktu cepat berlalu tanpa terasa?”

Dari pertanyaan-pertanyaan di atas, yang tertulis dalam cetak tebal itulah yang sering kuajukan. Karena menurutku orang-orang yang kutemui lebih bisa memahami pertanyaan tersebut. Bila kau merasa ada pertanyaan lain yang bisa lebih mudah dipahami silahkan saja.

Yang perlu menjadi catatan saat menggunakan pertanyaan-pertanyaan di atas ialah kau harus yakin dengan jawaban atau alasan dari jawaban itu untuk mengetahui bakat seseorang.

Contoh: ketika aku bertanya, “Bila ada waktu seminggu yang kosong, mau dihabiskan untuk aktivitas apa saja waktu tersebut?” Orang dengan strength Learner menjawab, “Saya mencari seminar atau pelatihan.”

Tapi aku belum bisa memastikan dugaanku bahwa orang ini memiliki strength Learner. Karena orang mencari dan mendatangi seminar atau  pelatihan punya banyak alasan. Bisa jadi ia datang karena seringkali ada teman yang mengajaknya dan ia merasa tidak enak bila menolak (kebiasaan orang dengan strength Harmony).

Maka aku selalu melanjutkan tiap jawaban yang mereka berikan dengan pertanyaan lanjutan “Kenapa?”. Baru setelah mereka bisa menjelaskan alasan mereka melakukan hal itu, aku bisa menduga kira-kira strength apa yang mereka miliki.

Setelah kelima pertanyaan itu kuajukan dan masing-masing dengan lanjutan “Kenapa?” aku bisa menduga strength yang mereka miliki. Lalu aku sodorkan penjelasan strength yang mereka miliki. Aku bertanya, apakah dia memang merasa cocok dengan penjelasan strength yang dia miliki? Karena memang ada kalanya dugaanku tidak sesuai. Berarti masih harus menggali kembali.

Tapi setelah aku bertanya dan menginvestigasi 20 orang teman sekantor, sebagian besar telah merasa bahwa dugaanku tentang strength mereka benar adanya. Dan penjelasan tentang strength ini benar-benar bisa membantu mereka memahami apa kekuatan dan kelemahan mereka.

Silahkan mencoba.

Referensi :

Strengths Coaches’ Playbook_ Five Clues to Talent_ A Guide to Real-Life Strengths Conversations

2 thoughts on “Lima Pertanyaan yang Mudah dan Murah untuk Mengetahui Bakat atau Kekuatan Seseorang

  1. Sip om,
    menurut saya ‘permulaan yang baik adalah setengah pekerjaan’. Karena dengan setengah pekerjaan saya punya target untuk melanjutkannya sampai sebuah pekerjaan itu selesai.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s