“Kenapa Aku Menjadi Orang yang Agresif dan Keras Kepala?”


sumber gambar: www.flickr.com

sumber gambar: www.flickr.com

Salah seorang teman kerjaku berkata sebagaimana judul di atas. Ia mengucapkannya setelah membaca penjelasan dari salah satu strength yang aku sodorkan kepadanya.

Judul strength itu adalah analytical. Orang yang punya strength analytical seringkali dikaitkan dengan karakter yang keras kepala dan suka menyerang. Bahkan teman kantorku tadi mengaku bawah karakter ini sudah ia miliki sejak masih duduk di bangku sekolah menengah.

Ia bercerita bagaimana kerabat-kerabatnya seringkali menghindarinya dalam situasi debat atau diskusi. Tapi memang demikianlah orang analytical umumnya. Orang yang keras dan suka menyerang.

Orang yang memiliki strength analytical selalu ingin pembuktian. Maka setiap ada pernyataan yang ia tangkap, ia selalu meminta pembuktian. Terlebih lagi ketika pernyataan itu tidak berdasar dan tidak logis, semakin ia mengejar pembuktian itu.

Bagi orang yang tidak kuat dalam bakat analytical, menghadapi orang dengan bakat analytical kuat itu menjengkelkan. Mereka selalu memiliki data, fakta dan teori yang kuat yang mendukung pendapat mereka.

Dan bila hal ini berlanjut tanpa ada pertolongan, orang lemah dalam bakat analytical biasanya kemudian cenderung terlibat konflik yang emosional atau malah menghindar. Kemudian mereka melabeli orang dengan bakat analytical kuat dengan sebutan “orang yang agresif dan keras kepala.”

Bila kau berhadapan dengan orang analytical, kau harus siapkan data, fakta, teori dan sumber yang akurat. Buatlah sebuah alur sebab akbat yang logis dalam menyampaikan opini. Tanpa ini, kau ibarat menghadapi singa tanpa senjata.

Bagaimana aku tahu? Karena aku juga memiliki strength analytical yang kuat. Bagaimana denganmu?

4 thoughts on ““Kenapa Aku Menjadi Orang yang Agresif dan Keras Kepala?”

  1. iya benar sekali jika menghadapi sesorang apalagi tentang lawan bicara kita harus memiliki data yang relevan agar kita bisa mengutarakan apa isi dari data yang valid menurut kita. 😀

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s