Tidak Semua yang Gratis Jadi Rebutan


Sebuah acara yang bagus, bermanfaat, bahkan gratis pun bisa gagal bila tidak mengenal target marketnya. Acara yang kurancang bersama teman-temanku menjadi bukti. Pemeriksaan kesehatan mata gratis hanya mampu mendatangkan 1 peserta dari 28 peserta yang telah mendaftar. .

Padahal di sebuah even yang lain beberapa pekan sebelumnya, begi-bagi es krim gratis jumlah pesertanya membludak. Sampai-sampai tanaman yang ada di Taman Bungkul dan sekitarnya ludes terinjak.

Kekuranganku adalah tidak mengenal target market pemeriksaan kesehatan. Jarak bagi pasien ternyata menjadi pertimbanagan penting. Sementara, faktor yang sama tidak menjadi pertimbangan utama bagi peserta bagi-bagi es krim gratis.

Bagi peserta bagi-bagi es krim gratis, target segmennya adalah para muda belia. Dan acara Car Free Day, memang sudah menjadi magnet bagi mereka untuk sekedar nongkrong atau lihat pemandangan berbeda di hari minggu.

Selain itu, kondisi psikologis yang sering mempertimbangkan keinginan daripada kebutuhan, emosi, dan solidaritas teman sebaya menjadikan acara bagi-bagi es krim gratis sebuah acara yang tidak mungkin dilewatkan.

Sebaliknya bagi pemeriksaan kesehatan mata, target marketnya adalah para manula. Ditambah lagi bahwa acara ini memang menjadi permulaan bagi acara berikutnya yakni operasi katarak gratis. Maka manula memang menjadi target market alaminya.

Usia yang sudah tua menjadikan mereka sangat tergantung dengan keluarga. Adakah keluarga yang mengantar? Terlebih lagi bagi mereka yang masih menjadi tulang punggung keluarga, kalau tidak benar-benar parah, sepertinya mereka juga enggan untuk datang.

Dan karena tidak jeli melihat kondisi ini, penentuan lokasi pemeriksaan yang jauh telah berhasil menggugurkan 27 orang peserta yang telah mendaftar sebelumnya. Jadi kesimpulannya, senantiasalah melihat siapa target marketmu. Wallahu a’lam.

2 thoughts on “Tidak Semua yang Gratis Jadi Rebutan

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s