Peter Drucker Memang Sengaja tidak Ingin Mendapat Perhatian Akademisi


Tidak sebagaimana yang kusangka sebelumnya. Alasan kenapa banyak buku Peter Drucker tak digunakan di kalangan akademisi memang ia sengaja.

Itulah yang diungkapkan salah satu muridnya, Bill Cohen. Peter tidak ingin bukunya menjadi buku yang hanya digunakan oleh para akademisi.

Jadi ketika ada akademisi yang tidak sepakat dengan apa yang ditulisnya, ia tidak ambil pusing

Dia memang menulis bukan untuk dibaca oleh para mahasiswa. Dia menulis banyak buku manajemen untuk membantu para manajer.

Dan karena itu juga ia lebih banyak dikenal di dunia usaha dibanding dunia pendidikan. Dan itu adalah sesuatu yang memang ia inginkan.

Dia memang sengaja tidak ingin bukunya menjadi panduan pendidikan manajemen di kelas. Ia lebih senang bukunya membantu para manajer dalam urusan bisnis mereka.

Dia mengkritik para akademisi yang menggunakan "metode ilmiah" berupa survei atau percobaan di dalam kelas. Sebaliknya, dia malah seringkali menyusun bukunya berdasarkan temuan temuan yang ia saksikan sendiri terjadi di dunia nyata, di dunia bisnis.

Dan menurutku sendiri, apa yang ditulisnya telah banyak membantuku memahami apa itu manajemen, apa yang menjadi tugas manajemen, berdasarkan apa yang terjadi di dunia usaha.

Di dunia ini memang tidak semuanya harus setuju dengan apa kita sampaikan. Tapi paling tidak Peter Drucker telah memberikan fokus yang jelas pada karya-karya yang telah dibuatnya. Menurutmu?

2 thoughts on “Peter Drucker Memang Sengaja tidak Ingin Mendapat Perhatian Akademisi

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s