Betapa Kasihan Pemimpin yang Tidak Mendapatkan


Banyak orang mengira bahwa pemimpin yang hebat adalah yang tegas. Saking tegasnya, tidak ada orang di bawahnya yang berani menegur.

Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Pemimpin yang seperti itu malah mendapatkan kemalangan yang sangat besar.

Jack Welch, salah seorang pemimpin GE yang sukses di awal kepemimpinannya malah bingung ketika tidak ada bawahannya yang menolak gagasannya. Mereka semua menerima apapun yang disampaikan oleh Jack Welch

Jack Welch tidak senang dengan situasi ini. Ia malah mencari cari siapakah kira-kira yang berani menantang pendapatnya.

Ketika seorang pemimpin tidak mendapatkan koreksi dari bawahannya itu artinya ia tidak mendapatkan kepercayaan dari bawahannya.

Bawahannya bisa jadi merasa takut untuk mengatakan yang benar bila ia merasa bahwa pemimpinnya tidak mampu menerima kebenaran. Sehingga ketika kebenaran itu tersembunyi maka yang terjadi tinggal menunggu kehancuran saja.

Menerima kritik atau teguran memang sesuatu yang berat bagi seorang pemimpin. Ia yang berada di atas bisa jadi berpikir dialah yang lebih tahu tentang yang menjadi tanggung jawabnya.

Tapi sebenarnya, pemimpin tidak bisa mengetahui semuanya. Informasi di lapangan yang diketahui seperti kondisi pelanggan adalah salah satu informasi yang sangat berharga.

Dan informasi seperti inilah yang sangat penting dan berpengaruh bagi keberlangsungan sebuah institusi baik bisnis, non profit atau pemerintah.

Rendah hati, senantiasa mencari masukan, dan tidak khawatir dengan argumen bawahan sepertinya menjadi syarat untuk menjadi pemimpin hebat. Wallahu a’lam.

2 thoughts on “Betapa Kasihan Pemimpin yang Tidak Mendapatkan

  1. Banyak orang mengira bahwa pemimpin yang hebat adalah yang tegas. Saking tegasnya, tidak ada orang di bawahnya yang berani menegur.

    kalimat di atas berarti ada dua karakter, pertama pemimpin yang tegas dan pemimpin ini tidak berarti tidak bisa menerima kritik. contohnya mungkin umar bin khottob, siapa yang menyangkal kalau karakter beliau tegas.
    kedua pemimpin yang saking tegasnya arti dia over dan kalau over tentu saja akan menjadi otoriter dan ini memang tidak baik.

    jadi yang dimaksud oleh mas genthuk yang mana?

    • yang saya maksudkan adalah mereka yang ketegasannya berlebihan. Kalau Umar bin Khattab Tegas ada rendah hati ada, ini yang membuatnya berimbang dan menjadi pemimpin yang hebat, wallahu a’lam

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s