Pelajaran Pentingnya Akhlaq dari Kampanye Pilpres


Alhamdulillah, masa kampanye pilpres telah usai. Meski sepertinya di media sosial kampanye masih bisa tetap berjalan. Dan menurutku pelajaran berharganya adalah akhlaq yang mulia itu mahal harganya.

Menghina dan merendahkan serta pernyataan yang melukai hati bisa tiap hari dijumpai. Apalagi di dunia maya yang secara fisik komentatornya tak kelihatan.

Maka dari sekian lama dan sekian banyak tulisan, indikasi yang muncul adalah sepertinya kita masih butuh belajar soal akhlaq. Kita masih butuh belajar soal adab dan kesopanan.

Dan ini memang gejala yang tidak hanya terjadi di Indonesia. Di belahan dunia lain, gejala hilangnya kesopanan di dunia maya juga terjadi lebih dulu.

Dan hal ini malah menunjukkan bahwa orang yang memiliki adab adalah orang yang sangat berharga. Mereka yang memiliki sopan santun sangat jarang dijumpai sehingga nilainya mengalahkan harga emas dan berlian.

Di saat dunia penuh dengan orang yang mengumbar kebencian, adab dan sopan santun menjadi dambaan banyak orang. Orang memang butuh informasi. Tapi orang butuh informasi yang bisa dipercaya.

Semakin banyak orang yang butuh kejujuran dan ketulusan. Dan bila ini adalah kebutuhan banyak orang, siapakah yang kira-kira bisa memenuhi kebutuhan ini dan mendapatkan mereka menjadi pelanggan setia?

Adakah media yang jujur dan sopan dalam menyajikan berita? Seperti mustahil bila ada media seperti ini. Tapi semustahil apapun itu, aku yakin kau juga rindu media seperti itu?

Sebagai manusia normal, kebutuhan akan adab dan sopan santun kini makin banyak dicari. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s