Ustadz, Bolehkah Saya Memarahi Staf Saya?


Beberapa minggu setelah diminta menjadi manajer aku merasa gerah. Ternyata staf yang ada di bawahku minta ampun cara kerjanya. Mungkin ini yang membuat manajer sebelumnya juga bingung.

Maka dalam sebuah kesempatan pengajian kuberanikan diri bertanya kepada Ustadz. "Ustadz, bolehkah saya marah kepada staf yang ada di bawah saya?"

Tak kuduga, ternyata si Ustadz membolehkan. Tapi ada syaratnya kata beliau. "Apakah anda sebagai seorang pemimpin telah melatih mereka? Apakah anda telah membekali mereka? Apakah anda telah menyiapkan cara agar mereka berhasil?"

Bila itu semua sudah anda lakukan dan cara kerja mereka ogah-ogahan, silahkan marah. Tapi bila anda belum melakukannya, persiapkan staf anda dulu untuk bisa berhasil dalam pekerjaan.

Aku hanya bisa terdiam saat itu. Aku sadar bahwa aku telah meminta mereka berhasil, tapi aku tak menyiapkan sarana agar mereka berhasil.

Dan sepertinya kondisi yang kualami ketika itu juga dialami oleh banyak orang lain. Banyak pimpinan yang ingin stafnya bekerja memenuhi target. Tapi mereka tidak menyiapkan sarananya.

Mereka berharap staf yang ada di bawahnya menjadi Superman. Yang bisa melakukan apapun tanpa bantuan. Nyatanya hal seperti itu tidak akan terjadi.

"Tapi sebagai manajer, aku juga jarang mendapat bantuan dari atasanku?" Alasan yang sama yang dulu kugunakan. Tapi alasan itu tidak membawa aku dan staf yang ada di bawahku ke mana-mana.

Ketika yang kugunakan adalah menyalahkan orang lain, tidak ada yang berkembang. Yang ada malah makin layu dan meredup.

Jangan sampai kau celaka karena masuk golongan Al-Muthoffifiin. Mereka yang kalau dilayani orang ingin mendapat lebih, tapi ketika melayani malah mengurangi.

Termasuk dalam sifat ini adalah pemimpin yang ingin stafnya bekerja mencapai target, tapi tidak mengurus kebutuhan dan hak mereka untuk bisa bekerja maksimal. Semoga kita terhindar dari sifat yang seperti ini. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

