Ternyata Akupun belum Lepas dari Kutukan Itu


Padahal sudah kupersiapkan lebih matang, tapi tetap saja curse of knowledge atau kutukan pengetahuan itu belum bisa kulepaskan. Kultum saat istirahat tarawih yang harusnya bisa memberi tambahan ilmu jadi kurang berarti.

Sudah jadi kebiasaan tiap Ramadhan di perumahanku, beberapa orang, termasuk aku, mendapat jadwal sebagai Imam sholat Isya dan tarawih. Dan tidak lupa di antara dua waktu sholat itu, Kultum.

Beberapa saat sebelumnya, ada seorang Ustadz, yang memberikan Kultum penuh dengan dalil. Berbeda dengan diriku, aku biasanya mencukupkan satu kisah yang kuambil dari tafsir Ibnu Katsir, atau kitab hadits shahih Bukhari atau Muslim.

Maklum, pengetahuan agama sebagian besar jamaah tidak terlalu tinggi. Dalil-dalil yang banyak tidak terlalu masuk ke dalam sanubari. Kisah-kisah sederhana sesuai dengan kehidupan sehari-hari akan jauh lebih bermakna.

Maka saat sang Ustadz mengeluarkan dalil-dalil, dalam hati aku menyayangkan. Karena waktu yang sedikit dengan dalil sebanyak itu malah membuat jamaah bosan. "Ustadz ini kena kutukan pengetahuan" pikirku.

Tapi malam ini ternyata aku juga belum lepas dari kutukan yang sama. Meski kisahnya satu dan singkat, tapi tafsir ayat yang kusampaikan berkenaan dengan masalah jihad dan dakwah. Di tengah-tengah Kultum aku sadar. "Ya, ternyata aku juga masih terkena kutukan itu."

Untungnya aku bukan orang yang suka panjang dan lebar saat berbicara di depan banyak orang. Minimal yang membosankan ini tidak terlalu panjang. Aku segera mengakhiri Kultum dan melanjutkan sholat tarawih.

Sepertinya aku masih harus terus belajar untuk menghindari kutukan ini. Sehingga setiap pesan yang kusampaikan memang benar-benar efektif. Wallahu a’lam

Bagaimana menurutmu kawan?

