Hudaibiyah itu Sengsara Membawa Nikmat


Sengsara Membawa Nikmat adalah Judul sebuah novel sekaligus sebuah sinetron. Meski berlabel sinetron dan diproduksi di masa lalu, aku yakin kualitasnya masih jauh mengungguli sinetron masa kini.

Sementara Hudaibiyah adalah sebuah perjanjian yang dilakukan antara Rasulullah saw dengan kafir Quraisy di tahun 6 hijrah. Perjanjiannya dianggap oleh sebagian besar orang pada saat itu adalah perjanjian kesengsaraan.

Dan benar, kesengsaraan di Hudaibiyah ternyata dibuktikan dengan kenikmatan. Allah sendiri Menurunkan surat Al Fath terkait dengan peristiwa Hudaibiyah ini.

Awalnya banyak yang mengira bahwa Al Fath adalah surat tentang peristiwa Fathu Makkah. Tapi Ibnu Abbas menyatakan bahwa Al Fath adalah ayat tentang Perjanjian Hudaibiyah.

Itulah bagaimana judul itu muncul. Perjanjian yang dikira kesengsaraan ternyata kemudian kenikmatan. Sebagaimana yang terjadi pada tokoh Midun di Novel Sengsara Membawa Nikmat.

Midun ini meski baik, tapi dalam hidupnya ternyata banyak mendapat ujian atau kesengsaraan. Tapi ketika Midun mengikuti alur hidupnya, ternyata kesengsaraan yang ia dapatkan selalu berujung nikmat.

Begitulah Hudaibiyah. Di awal ia dianggap sebagai perjanjian yang berat sebelah, hanya menguntungkan kafir Quraisy. Tapi sering rencana Allah tidak bisa dipahami oleh akal manusia yang terbatas.

Setelah perjanjian Hudaibiyah ada, Islam malah memiliki jalan untuk menjadi kuat dan berkembang. Perjanjian Hudaibiyah adalah sengsara membawa nikmat.

Maka inti hidup yang bisa kau ambil adalah bahwa seringkali apa yang dianggap oleh mata manusia sebagai kesengsaraan sebenarnya adalah nikmat. Dan bisa jadi apa yang kita anggap kesuksesan sebenarnya akan membawa kesengsaraan.

Kita tidak pernah tahu, maka bagi yang tidak tahu, jalan terbaik adalah tetap berusaha menjadi lebih baik setiap saat. Wallahu a’lam.

2 thoughts on “Hudaibiyah itu Sengsara Membawa Nikmat

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s