Jika Akal Sempurna, Sedikit Bicara


Mahfudzot ini bukan bicara soal diam itu emas dan bicara itu perak. Tapi kesederhanaan dalam berkata adalah ciri keahlian seseorang. Sebaliknya, banyak bicara adalah tanda kurangnya ilmu yang dipunya.

Kalau bahasa mendiang Steve Jobs, "simplicity is the ultimate sophistication." Kesederhanaan adalah kerumitan yang paling tinggi. Semakin sederhana, semakin tinggi ilmunya.

Dan ini berlaku di mana-mana di tiap sisi kehidupan. Orang yang benar-benar kaya tidak perlu menunjukkan kekayaannya. Malah orang yang sering menunjukkan kekayaan membuktikan bahwa dia sebenarnya tidak kaya.

Dalam mengajar hal ini juga .berlaku. Guru yang baik adalah guru yang mampu menjelaskan dengan bahasa-bahasa sederhana tentang hal- yang rumit. Bukan sebaliknya, menjelaskan hal yang sederhana dengan bahasa yang rumit.

Dan sesuatu yang sederhana sangat disukai banyak orang. Bukankah kesederhanaan pula yang menjadi inspirasi ipod yang diikuti dengan iphone. Untuk membuat yang sederhana dibutuhkan usaha dan kerja keras yang jauh dari kerja-kerja biasa. Sementara, bila kerjanya hanya biasa-biasa saja, hasilnya cenderung menjadi rumit.

Maka untuk menjadi seorang yang ahli, yang sempurna akalnya dibutuhkan kerja keras. Dan bukti dari keahliannya adalah dengan kesederhanaan ucapan.

Mari memeriksa diri masing-masing. Sudahkah kau berbicara dengan sederhana? Bila kau mengaku sebagai seorang ahli, mampukah kau menjelaskan dalam kata-kata yang wajar? Bukan dengan kata-kata yang tingginya melangit dan dalamnya menembus bumi.

Bila belum, berarti ahli yang kau sematkan belumlah terbukti. Karena kesempurnaan akal dan keahlian akan terpancar dalam sederhananya ucapan. Selamat bekerja dan belajar kembali untuk menyempurnakan akal. Wallahu a’lam bish showaab

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s