Antara Menanam dan Panen


Kawan, seringkali kau tidak sadar bahwa dalam tradisi bertani, kau diajarkan untuk bersabar. Terutama sabar dalam menghebatkan diri.

Kau sering menengok para petani yang sedang menanam. Kau juga menyaksikan mereka saat panen. Tapi seringkali kau lupa melihat di antara waktu keduanya. Jarak antara masa tanam dan panen adalah masa terpanjang.

Masa tanam bisa jadi hanya berlangsung satu atau dua pekan. Begitu juga dengan masa panen. Waktunya mungkin tidak sampai satu pekan. Tapi waktu merawat adalah waktu terpanjang, terlama, terpenting, dengan pekerjaan yang terberat.

Banyak yang terjebak ketika dalam masa merawat. Kau bisa jadi salah satu di antaranya. Kau mengharap menjadi atau memiliki sesuatu yang bisa kau panen. Tapi waktu antara menanam dan memanen kau biarkan berlalu tanpa merawat benih yang kau tanam.

Waktu yang lama dan tidak terlihatnya hasil memang menjadi ujian tersendiri. Mampu tidaknya kau melakukan panen sangat tergantung pada kesediaanmu untuk bersabar dan menikmati proses merawat kehebatan diri yang telah ditanam.

Maka sejak kini, jangan kau gampang tergoda dengan usaha serta langkah orang lain yang cepat mendatangkan panen. Kau bukan mereka. Kau memiliki potensi tersendiri. Tanam dan rawat bibit potensi itu. Bersabarlah dengan proses yang lama dan kadang tak terlihat hasilnya.

Sebagaimana petani yang harus merawat padi selama 3 – 4 bulan baru kemudian memanennya dalam waktu dua hari, kau juga harus bersabar dalam merawat potensi kehebatanmu. Wallahu a’lam.

Bojonegoro, 30 Juli 2014.

One thought on “Antara Menanam dan Panen

  1. ..ya,…memelihara, merawat, menyiangi, memberi pupuk, memberantas hama, dan gulma….sebuah disiplin perjuangan hidup….sesuatu yang sepertinya diabaikan dan ingin dilompati saja …..

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s