Tidak Menjawab atas Orang yang Bodoh adalah Jawaban


Dulu aku mengira mahfudzot ini mengajarkan agar tidak menghiraukan pertanyaan dari orang yang bodoh. Setiap kali ada pertanyaan dari orang yang bodoh, lebih baik tidak dijawab. Karena kalau dijawab mereka juga tidak akan mengerti.

Baru di kehidupan nyata aku memahaminya. Meninggalkan jawaban tidak selalu jadi jawaban. Tapi ia menjadi salah satu jawaban yang bisa aku lakukan.

Sebagaimana kesalahan curse of knowledge dari seorang narasumber, ketidaktahuan penerima informasi juga sebuah masalah.

Ketika membahas masalah manajemen, tapi orang yang membahasnya tidak mengerti akan manajemen, hasilnya akan sama saja, tidak ada hasilnya. Saat membahas visi misi organisasi tapi yang membahas hanya mempermasalahkan langkah mencapai target finansial, yang ada hanya capek.

Bukan berarti kemudian setiap diskusi harus ditinggalkan, tapi untuk membahas sebuah perkara tertentu tetap dibutuhkan pengetahuan pada level tertentu tentang hal yang dibahas.

Ada yang diskusi soal marketing padahal yang dibahas sebenarnya adalah seling. Ada yang maunya membahas strategi, tapi sebenarnya yang dibahas hanyalah rencana.

Dan lebih parahnya lagi, ketika ada yang memang tahu beda antara marketing dan seling, hal itu tidak terlalu berpengaruh. Apalagi bila yang tahu orangnya sederajat atau bahkan staf yang lebih rendah, alamat tidak akan ada manfaatnya menjelaskan sampai berbusa.

Mungkin di saat-saat seperti inilah tidak menjawab dan tidak berpendapat menjadi sebuah jawaban. Ketika sebuah diskusi diisi sebagian besarnya oleh orang yang tidak mengerti, pengetahuan seseorang menjadi tidak berarti dibanding pola pikir sebagian besar orang.

Dalam kehidupan nyata aku tidak terlalu kaku. Terkadang aku menyampaikan argumentasi. Terkadang juga aku hanya terdiam dan tersenyum menikmati diskusi tanpa ujung karena kurangnya ilmu dari pelaku diskusi. Wallahu a’lam.

Bagaimana dengan kalian?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s