Sebaik-baik Hartamu adalah yang Bermanfaat Bagimu


Banyak orang tidak sadar bahwa harta yang berharga bukanlah lagi uang. Dan cara yang paling baik dalam menggunakan harta yang paling berharga itu adalah dengan menghabiskannya dan bukan menyimpannya.

Kawan, uang sekarang ini bukanlah penentu kekayaan. Karena mencari uang kini tidak lagi sesulit dulu. Penentu kekayaan juga bukan rumah, mobil, atau kekayaan fisik lainnya.

Lalu apa harta yang paling berharga? Jawabannya adalah waktu dan perhatian. Karena semakin banyaknya informasi, waktumu menjadi lebih terbatas. Perhatian menjadi kebutuhan setiap orang. Itulah salah satu efek era informasi.

Dulu, orang tuamu tidak harus bergulat dengan berbagai info dari segala penjuru dunia. Karena untuk menyampaikan atau mendapatkan informasi seperti itu dibutuhkan usaha yang besar.

Tapi kini informasi apapun terjangkau dengan jempol dan jari. Dan dengan banjirnya informasi, yang menjadi semakin sedikit adalah waktu dan perhatian yang kau miliki.

Banyak yang bahkan menghabiskan dana untuk mencari perhatian. Hal-hal yang lucu dan menarik menjadi magnet. Karena terlalu banyak informasi yang beredar. Waktu dan perhatian makin terbatas.

Jenis kekayaan yang berbeda pasti juga memiliki cara penggunaan yang berbeda. Harta berupa waktu dan perhatian ini berbeda dengan uang. Bila uang bisa disimpan atau ditabung, tidak demikian dengan waktu dan perhatian. Keduanya tidak bisa disimpan. Dan susahnya lagi, keduanya pasti dimiliki oleh tiap orang dan suatu saat akan habis.

Maka apa yang harus kita lakukan dengan harta terbaik kita? Tentu saja dengan menghabiskannya. Gunakanlah waktu yang ada untuk melakukan hal-hal yang penting. Pusatkan perhatianmu hanya pada hal-hal yang utama. Karena waktumu terbatas.

Semakin bijak kau menghabiskan waktu, akan semakin baik pula derajatmu sebagai manusia. Maka, bila ada tips keuangan yang memintanya menghabiskan uang gajimu. Akan lebih hebat lagi bila kau juga menghabiskan waktu dan perhatianmu untuk hal-hal yang penting dan bermanfaat.

Dan sebaik-baik waktu dan perhatianmu adalah yang mampu kau gunakan untuk memberi manfaat yang penting dalam hidupmu. Wallahu a’lam

One thought on “Sebaik-baik Hartamu adalah yang Bermanfaat Bagimu

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s