Sebelum Drucker dan Strength Finder, ada Ibnu Taimiyah dan Rasulullah saw


Inti Organisasi

Setelah membaca buku dari Ibnu Taimiyah berjudul Sistem Politik Islam barulah aku menyadari bahwa Rasulullah saw telah melaksanakan prinsip manajemen hebat yang diusulkan oleh mendiang Peter Drucker.

Prinsip manajemen tersebut terkait penugasan personel pada tugas tertentu atau yang lebih dikenal dengan istilah “job description”. Peter Drucker berprinsip bahwa untuk menempatkan personel pada tugas tertentu, terlebih dahulu seorang manajer harus mengetahui apa syarat agar tugas tersebut berhasil dilaksanakan. Setelah itu ia harus menempatkan personel yang memiliki kekuatan yang selaras dengan kebutuhan tersebut.

Sepertinya memang mudah. Tapi nyatanya banyak manajer yang masih salah dalam melakukan tugas manajerial yang penting ini. Banyak manajer yang fokus pada kekurangan dan bukan kekuatan personel.

Bagi guru yang ditugaskan di bimbingan dan konseling siswa, komunikasi dan empati adalah syarat utama agar tugasnya berhasil. Sayangnya seringkali ketika ada personel guru yang kuat pada komunikasi dan empati tapi lemah di administrasi, kelemahannya yang dijadikan fokus. Ia diminta menguatkan administrasi…

View original post 372 more words

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s