Hancurlah Orang yang Tidak Tahu Kadar Dirinya


Berusaha dengan gigih memang harus. Tapi orang yang hanya mengandalkan semangat jarang mencapai sesuatu. Ia juga harus mengetahui dirinya. Apa yang menjadi kekuatan dan juga kelemahannya? Baru setelah menyadari hal inilah seseorang dengan semangat perbaikan diri yang tinggi bisa mencapai sesuatu.

Karena memang Allah telah menciptakan masing-masing individu dengan kekhususan tersendiri. Sehingga setiap orang adalah spesial. Tidak mesti satu aktivitas yang memberikan kepuasan bagi satu orang akan memberikan kepuasan bagi yang lain. Bisa jadi ada yang dianggap membosankan tapi menjadi menyenangkan bagi yang lain.

Nah, dalam kehidupan manusia, umumnya dimulai dari bawah, sebagai anggota dan staf sebelum menjadi pimpinan. Ketika berada di bawah inilah seseorang bisa memperbaiki dirinya. Tentu saja dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang hebat dari dirinya.

Karena bila seseorang tanpa mengetahui kadar dirinya tapi menjadi pimpinan tidak hanya ia merusak dirinya tapi juga orang yang dipimpin. Ia hanya menjadi pimpinan contekan. Pimpinan yang tidak bisa mengetahui kelebihannya hanya bisa mencontek cara dan gaya pimpinan lain.

Padahal tiap orang itu khusus. Gaya dan cara memimpin satu orang sangat mungkin tidak bisa dicontek sembarangan. Mencontek hanya bisa menemukan sisi luar. Untuk semangat, motivasi, gairah, itu semua tak bisa diraih dengan dicontek.

Amati, tiru, praktikkan, memang tidak salah. Tapi tidak semua harus ATP. Nah, apa yang menjadi kekuatan dan kelemahanmu? Segera temukan agar kau bisa memulai memperbaiki diri menjadi manusia terbaik. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s