Kekuatan Kata Sederhana


Aku dulu menganggap orang hebat adalah orang yang memiliki kosa kata yang sulit dimengerti. Semakin sulit dan asing, semakin hebat orang itu.

Tapi sekarang, aku berbeda. Orang hebat menurutku adalah mereka yang memiliki kata-kata sederhana. Karena dengan kata-kata sederhana, ia bisa diterima oleh semuanya.

Maka, kata-kata seperti informatif, komunikatif, termarjinalkan, dan tendensi harus hilang. Antara informasi dan pesan, aku memilih pesan. Antara komunikasi dan berbicara, aku memilih berbicara. Antara orang miskin dan termarjinalkan, aku memilih orang miskin. Dan antara tendensi dan keinginan, aku memilih keinginan. Semua karena sederhana dan mudahnya kata tersebut dipahami.

Kata-kata yang dianggap "tinggi" sering memperdaya yang memakainya. Mereka sering merasa menjadi lebih tinggi. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Kata-kata itu malah membuatnya rendah. Apalagi bila yang memakainya tidak tahu makna kata yang dimaksud. Orang seperti ini malah terlihat lucu. Mereka berputar-putar dengan makna kata yang mereka sendiri tidak tahu artinya. Seakan-akan paham padahal tidak.

Orang dengan pikiran yang jelas akan mengeluarkan kata yang jelas dan sederhana. Sementara orang dengan pikiran tidak jelas akan memakai kata yang tidak jelas.

Apakah kau juga akan menggunakan kata yang sederhana? Aku memulainya dari tulisan ini. Aku sengaja memilih kata yang mudah dipahami.

Bila kau susah dalam menjelaskan suatu pendapat, atau terlalu banyak kata-kata susah, bisa jadi pikiranmu belum jelas.
Wallahu a’lam.

2 thoughts on “Kekuatan Kata Sederhana

Bagaimana menurutmu kawan?

