Kenapa Aku Gagal (Bag. 2)


Banyak yang beranggapan bahwa menjadi pimpinan tinggal perintah ini dan itu. Karena di bawahnya sudah ada manajer yang mengelola staf. Dan oleh karenanya, tidak butuh banyak keahlian.

Salah. Seorang pimpinan, meski tidak menguasai semuanya, dia harus tahu semua proses penting yang ada di bawahnya. Setiap bagian, bidang atau divisi memiliki tugas tersendiri yang harus dipahami.

Dan rumitnya berbagai tugas itu menuntut kemampuan mengatur yang besar. Sementara waktu itu, saat menjadi ketua DKI, aku tidak tahu harus melakukan apa?

Waktu SMP dan SMU aku selalu menjadi ketua OSIS atau IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah). Namun, tetap saja aku tidak paham bagaimana berorganisasi itu. Aku tidak tahu apa tujuan yang harus diraih. Dan yang penting, aku tidak tahu mengapa tujuan itu diraih.

Kenapa harus ada acara Peringatan Hari Besar? Apakah kalau tidak ada acara itu, akan ada perbedaan? Kenapa harus ada acara OSPEK? Apakah ada perbedaan bila mengadakan acara OSPEK dan tidak?

Karena tidak mendapat jawaban, aku hanya sekedar melakukan. Aku tidak menjiwai. Aku tidak mendapatkan pelajaran pentingnya. Atau mungkin aku ini terlalu banyak bertanya kenapa.

Selain itu, aku selalu bertanya kenapa guru dan temanku setuju aku menjadi ketua OSIS. Apakah karena aku juara kelas? Atau karena aku anak yang lurus, tidak "neko-neko"? (ya, aku memang terlalu banyak bertanya kenapa)

Apapun jawabannya, kemampuan mengatur menjadi syarat penting menjadi pemimpin. Dan itu, dimulai dengan jiwa, dengan semangat, dengan menemukan jawaban KENAPA.

Dan aku gagal menjadi Ketua DKI karena tak mendapatkannya. Bagaimana denganmu kawan?
Wallahu a’lam

Bagaimana menurutmu kawan?

