Kenapa Aku Gagal (Bag. 3)


Mengelola manusia, tugas berat bagi pemimpin manapun. Kalau saja yang dikendalikan adalah mesin, maka hanya butuh keahlian menjalankan mesin.

Namun siapapun yang berhasil mengelola manusia, keberhasilannya aku yakin melebihi hasil mengendalikan jutaan mesin. Ada hal-hal spesial pada manusia yang membuatnya menjadi faktor keberhasilan yang besar.

Tidak ada organisasi besar yang tidak mengelola manusia di dalamnya.

Itu juga yang menjadi alasan kenapa aku gagal saat menjadi ketua DKI. Pertama, aku tidak mempedulikan visi misi. Lalu aku juga tidak memahami betul seperti apa organisasi yang sedang diamanahkan kepadaku. Dan aku juga tidak tahu siapa dan bagaimana orang-orang yang ada di sekelilingku.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan.
Manusia tidak diciptakan dalam keadaan bulat, tapi bersudut. Ketika ada keunggulan pasti ada kekurangan. Sangat Jarang ada orang yang punya kelebihan merata di semua sisi.

Dan pemimpin yang baik sadar betul akan hal itu. Bagaimana ia bisa meramu kelebihan dan kekurangan itulah seni menjadi pemimpin yang sangat berharga.

Selain itu, masalahnya tidak hanya di sisi pemimpin. Sebagian besar kita (termasuk dirimu) mungkin juga tidak tahu apa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sehingga aku dan kamu tidak tahu manfaat terbaik apa yang bisa kita berikan. Dan dalam kepengurusan yang hanya berjalan satu tahun, waktunya tidak cukup untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan itu secara menyeluruh.

Tapi masalah ini bukan tanpa jawaban. Banyak alat psikologi sederhana yang bisa membantu mengenali diri. Meski sederhana, tapi sebagai langkah awal, hal ini bisa membantu.

Lengkap sudah tiga alasan kenapa aku gagal menjadi Ketua DKI FF UA. Gagal paham visi misi, gagal paham detil organisasi dan gagal paham manusia di sekelilingku. Aku masih mencoba memperbaiki diri. Aku ingin menjadi lebih baik dengan bekal kegagalanku.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagimu sebagaimana juga bermanfaat bagiku. Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

