Apakah Kamu Masuk Daftar Orang Bermanfaat?


Majalah Time merilis daftar 100 orang yang paling berpengaruh di dunia, #TIME100. Kategori orang yang berada di daftar tersebut antara lain pemimpin negara, artis, pebisnis, penemu dan tokoh yang menjadi ikon.

Aku dan kamu memang tidak ada di daftar tersebut. Tapi dari kegiatan majalah Time itu ada pelajaran penting sesuai dengan sabda Nabi SAW, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.”

Dalam Islam, bukan pengaruh yang menjadi ukuran. Manfaat yang diberikan kepada orang lain yang menjadi ukuran. Semakin besar manfaat yang bisa kau berikan, semakin baik kualitas manusiamu.

Dan aku yakin prinsip ini tidak hanya berlaku bagi muslim tapi bagi seluruh manusia. Bila ada manusia yang memberikan manfaat bagi orang lain, apapun suku, agama dan warna kulitnya, maka ia adalah manusia baik. Semakin banyak manusia yang ia beri manfaat semakin baik dia.

Maka bila Majalah Time mengeluarkan daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia, seharusnya ada daftar manusia terbaik di dunia. Yakni yang memberikan manfaat terbanyak bagi manusia lainnya.

Karena orang yang berpengaruh hanya memiliki potensi untuk bermanfaat. Bila orang yang berpengaruh ini melakukan hal yang bermanfaat, ia bisa memberikan manfaat yang besar. Tapi bila ia melakukan hal yang sia-sia atau maksiat, ia bisa menjadi contoh keburukan.

Alasan berikutnya kenapa manfaat lebih penting dari pengaruh adalah inisiatif. Orang bisa memulai memberikan manfaat tanpa harus dikenal orang lain. Sedangkan untuk menjadi berpengaruh, harus ada pencitraan dan pengenalan pada khalayak.

Dan prinsip memberikan manfaat masih punya satu pertanyaan penting. Masuk dalam daftar manusia bermanfaat tingkat apakah kamu? Tingkat keluarga? RT? RW? Kelurahan? Kecamatan? Atau baru pada tingkat diri sendiri? Semoga bertambah hari, kamu makin bermanfaat bagi orang lain
Wallahu a’lam.

4 thoughts on “Apakah Kamu Masuk Daftar Orang Bermanfaat?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s