Belajar Politik dari Selma


Selma di atas bukan nama gadis. Selma adalah sebuah kota di negara bagian Alabama. Selma juga judul sebuah film yang mengisahkan perjuangan Martin Luther King untuk menggugah kesadaran warga kulit putih bahwa ada manusia yang tertindas di sekitar mereka. Dan mereka tertindas karena warna kulit mereka.

Tapi yang menjadi perhatianku adalah pelajaran tentang pentingnya politik dan pemilu. Mungkin banyak yang merasa politik adalah sesuatu yang kotor. Tapi kalau kau melihat Selma, kau akan memahami betapa pentingnya politik dan pemilu.

Warga Negro Amerika di jaman itu dihalang-halangi untuk memilih. Karena mereka tidak bisa memilih mereka tidak punya wakil yang bisa menyuarakan. Dan karena itu, mereka tidak bisa memprotes ketidakadilan yang mereka alami.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah rasisme masih ada di AS sampai sekarang. Tapi bayangkan bila perjuangan politik ini tidak terjadi. Sekarang, pasti masalah rasisme akan jauh lebih besar. Dan ini semua karena para warga Negro Amerika ketika itu mengambil politik sebagai jalur perjuangan mereka.

Bagaimana dengan dirimu Kawan? Apakah kau juga memandang politik sebagai salah satu jalan menyelesaikan masalah? Atau kau muak kepada politik karena kebusukan politisinya?

Bila kau ingin politik menjadi salah satu sarana memunculkan solusi, kau bisa mulai dengan tidak membencinya. Ketika kau membencinya, menghindarinya dan mengutuknya, politisi busuk bertepuk tangan. Karena mereka sadar bahwa orang yang ingin perbaikan terjadi tidak akan muncul.

Tapi apa perbaikan yang dibawa politik? Banyak. Kemerdekaan kita adalah berkat politik, polwan bisa berjilbab juga karena politik. Di Amerika, dengan segala macam perjuangan politik mereka, masalah rasisme tetap hadir. Tidak semua masalah bisa selesai dengan.politik. Tapi dengan segala lebih dan kurangnya, politik menjadi sarana perbaikan bangsa. Bagaimana?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s