Isro’ Mi’roj dan Kelemahan Otak Manusia


Isro’ Mi’roj adalah sebuah peristiwa besar dan penting. Tidak saja bagi muslim di jaman Rasulullah, tapi juga di jaman sekarang. Peristiwa ini menunjukkan betapa terbatasnya otak manusia dibandingkan keterangan dari Allah dan RasulNya.

Di jaman itu, banyak orang berpikir Muhammad saw telah gila atau berdusta. Dan itu adalah hal yang wajar. Di saat perjalanan Mekkah-Palestina paling cepat ditempuh dengan unta dan butuh waktu bulanan, tiba-tiba ada orang yang mengaku nabi dan pergi-pulang cuma satu malam. Benar-benar sesuatu yang tak bisa dinalar. Waktu itu.

Tapi sekarang, siapa yang bilang hal itu mustahil? Hanya orang yang gila, bodoh atau pendusta yang mengatakan perjalanan seperti itu tak bisa dilakukan.

Otak manusia ketika menemui sesuatu yang tidak bisa dinalar, ia cenderung menganggap hal itu tidak benar. Padahal sebenarnya otaknya saja yang tidak sampai.

Begitu juga berita-berita dalam Al Quran. Cerita tentang hujan, tentang laut, tentang pergerakan bintang dan planet. Bagi orang di jaman Rasulullah sangat logis bila banyak orang yang tidak percaya. Toh hal-hal seperti itu tidak "nyampek" di otak mereka.

Tapi begitulah otak manusia. Dan karakter otak manusia seperti ini tetap ada dalam diriku dan dirimu. Kemampuannya sangat terbatas.

Maka sebagaimana kisah dan berita dari Allah dan RasulNya yang tidak masuk dalam akal waktu itu, maukah akalmu tunduk pada keterangan yang melebihi nalar kini? Dan bukankah ini bukti syahadat dalam Islam. Membenarkan yang disampaikan Muhammad Rasulullah.

Asyhadu an laa ilaaha illaa Allah. Asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuuluhu.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s